test

News

Senin, 30 Maret 2020 17:26 WIB

Kondisi Terkini Arus Lalin di Ruas Tol Trans Jawa

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Kondisi terkini arus lalu lintas di sebagian besar ruas tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga masih terpantau normal walaupun dikabarkan banyak pemudik yang pulang kampung lebih awal.

Tercatat dalam delapan hari terakhir, ada 876 bus antar provinsi yang membawa kurang lebih 14 ribu penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Direktur Utama Jasamarga Transjawa Tol Bagus Cahya A.B menjelaskan kondisi lalu lintas di ruas tol Trans Jawa terpantau normal. Adapun, sekitar 62 persen tol Trans Jawa dikelola oleh Jasa Marga.

"Hingga saat ini belum ada peningkatan lalu lintas (di tol Trans Jawa)," ungkap Bagus kepada wartawan, Senin (30/03/2020).

Sementara itu, CEO Toll Road Business Astra Infra Group Krist Ade Sudiyonl menambahkan, kondisi lalin harian rata-rata ruas tol yang dikelola Astra Infra masih terpantau normal.

"Secara umum tidak berdampak pada peningkatan trafik (lalu lintas). Namun, kumulatifnya tetap turun sehubungan (penyebaran) Covid-19 ini," sambung Krist.

Astra Infra Toll Road saat ini mempunyai enam ruas tol yaitu ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, ruas Semarang - Solo, ruas Jombang - Mojokerto. Kemudian ruas Surabaya - Mojokerto dan ruas Serpong - Kunciran.

Adapun, hingga saat ini pemerintah masih terus mengkaji kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2020 terkait mitigasi ekonomi terhadap masyarakat pekerja informal.

Diharapkan kajian ini selesai dalam dua hari dan Presiden akan memutuskan terkait pembatasan mudik atau tidaknya pada tahun ini di tengah pandemi virus Corona.

Bila mudik benar-benar dilarang, Jasa Marga mengakui sudah menyiapkan langkah antisipatif karena pemasukan utama perseroan bersumber dari tarif tol. Hanya saja, detail langkah itu belum bisa disampaikan hingga ada keputusan final terkait kebijakan pelarangan mudik. (FER)

BERITA TERKAIT