test

Suara Pemilu

Minggu, 2 Februari 2020 09:01 WIB

Latihan Polisi Dalam Kendalikan Massa, Hadapi Pilkada Surabaya 2020

Editor: Ferro Maulana

Kericuhan yang mewarnai demo. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

PMJ – Jajaran Polrestabes Surabaya menggelar latihan dalam mengendalikan massa pengunjuk rasa dalam rangka penyiapan pengamanan Pilkada Surabaya 2020. Kegiatan ini berlangsung di halaman Mapolrestabes Surabaya.

Latihan melibatkan banyak personel yang dibagi dalam dua kubu; massa dan aparat kepolisian. Massa yang disimulasikan berunjuk rasa tiba-tiba melakukan tindakan anarkis dan menyerang petugas. Aparat pun sigap mengantisipasi.

Melalui, latihan itu, diharapkan aparat keamanan lebih mampu menghadapi pengamanan Pilwalkot Surabaya yang sering kali diwarnai dengan unjuk rasa massa.

Latihan ini sekaligus dilombakan. Selanjutnya, pesertanya dari anggota Polrestabes Surabaya dan jajarannya di Polsek-polsek. Hadiahnya umrah gratis kepada 10 anggota paling terampil.

Dalam perlombaan ini pun dibentuk tiga kompi kerangka sesuai rayon dari Polsek tersebut. Berikutnya jurinya berasal dari Satbrimob Polda Jawa Timur.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota siap dalam menghadapi Pilwalkot Surabaya," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho.

Sekedar informasi, Pilkada Surabaya akan digelar pada September 2020. Hingga sekarang sejumlah nama disebut akan maju sebagai bakal calon. Seperti, mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin, Kepala Bappeko Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu. (FER).

BERITA TERKAIT