test

News

Minggu, 25 Oktober 2020 12:02 WIB

Cegah Covid-19, Begini Cara Bersihkan Perhiasan Agar Terhindar Virus dan Bakteri

Editor: Hadi Ismanto

Membersihkan perhiasan dapat menghindari penularan virus dan bakteri. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Sebuah studi terbaru menyebut tidak sedikit orang membersihkan perhiasan mereka. Padahal, perhiasan bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. Terutama saat masa pandemi Covid-19.

Penelitian dari Est1987 mendapati, 66 persen atau 2 dari 3 orang tidak pernah membersihkan perhiasan mereka. Studi ini juga mendapati kotoran di perhiasan 428 kali lebih banyak daripada kuman di dudukan toilet.

Peneliti juga menemukan, terdapat 21 ribu pertumbuhan bakteri pada cincin, jam tangan, dan anting setelah dipakai seharian. Bakteri itu termasuk Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) yang menyebabkan difteri, keracunan makanan.

Seperti dilansir dari laman Metro UK, Minggu (25/10/2020), berikut cara membersihkan perhiasan agar bebas bakteri dan virus yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

1. Gunakan larutan pembersih

Gunakan larutan pembersih yang dapat membunuh bakteri dan virus, tapi juga aman untuk perhiasan. Campur larutan dengan air panas. Rendam perhiasan dalam larutan tersebut 10-30 menit.

2. Sikat perhiasan

Siapkan penyikat atau Anda juga dapat menggunakan sikat gigi. Angkat perhiasan yang direndam, lalu gosok secara perlahan. Pastikan semua bagian, setiap sudut, hingga lekuk ukiran perhiasan dibersihkan dengan baik. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Poles dengan kain lembut

Gunakan kain lembut dan kering untuk memoles perhiasan. Cara ini dapat membuat perhiasan benar-benar bersih dan bersinar serta siap digunakan kembali.

4. Uap atau panas

Anda juga dapat mencoba untuk meletakkan perhiasan sebentar di atas uap atau panas saat merebus air. Cara ini dapat memberikan sentuhan akhir yang membuat perhiasan tampak berkilau dan bebas kuman.(Hdi)

BERITA TERKAIT