test

News

Kamis, 19 September 2024 18:09 WIB

PT KAI-Korlantas Polri Gelar Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan

Editor: Hadi Ismanto

PT KAI bekerjasama dengan Korlantas Polri menggelar Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan. (Foto: PMJ News/Dok KAI)

PMJ NEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerjasama dengan Korlantas Polri menggelar Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada 13 titik yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Legiatan ini yang digelar dalam rangka HUT KAI ke-79 dan HUT Korlantas Polri Ke-69. Adapun tema yang diusung 'Taat Berlalu Lintas di Perlintasan, Cermin Budaya Bangsa Indonesia Maju'.

Sosialisasi ini melibatkan ratusan peserta dari pegawai KAI, personel Korlantas Kepolisian, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Direktorat Perkeretaapian, 350 anggota dari 45 wadah komunitas pencinta kereta api, dan stake holders lainnya.

Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta API Indonesia, Dadan Rusdiansyah mengatakan pihaknya melakukan kegiatan penegakan hukum berupa penindakan bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas dalam kegiatan sosialisasi ini.

"Sosialisasi tersebut serentak dilakukan di 13 titik perlintasan seluruh Daerah Operasi/Divisi Regional Jawa dan Sumatera pada hari ini, Kamis, 19 September 2024," ungkap Dadan dalam keterangannya, Kamis (19/9/2024).

"Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya disiplin berlalu lintas di perlintasan sebidang karena keselamatan merupakan tanggung jawab bersama," sambungnya.

Dia merinci di 2024, terdapat 4.070 titik perlintasan sebidang di Pulau Jawa dan Sumatera. Titik perlintasan dijaga oleh KAI, Pemda, Dishub, Swasta, Swadaya dan lainnya berjumlah 1.514 titik atau 37 persen. Sisanya 2.556 titik atau 63 persen merupakan perlintasan tidak terjaga.

"KAI secara proaktif terus berusaha melakukan penutupan perlintasan untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api. Pada 2023, telah melakukan penutupan 107 titik perlintasan. Selanjutnya periode Januari hingga Agustus 2024 menutup 130 perlintasan," terangnya.

BERITA TERKAIT