test

News

Selasa, 7 Mei 2024 13:04 WIB

Menhub: Tingkat Kepuasan Publik Pelaksanaan Mudik Lebaran 89 persen

Editor: Hadi Ismanto

Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut tingkat kepuasan masyarakat atas pelaksanaan mudik Lebaran 2024 dari hasil survei memberikan hasil yang baik.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam keterangan persnya usai menghadiri Rapat Terbatas Evaluasi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2024, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5/2024).

"Tingkat kepuasan mudik, alhamdulillah memberikan hasil yang baik. Tingkat kepuasan mudik secara keseluruhan 89 persen dan tingkat kepuasan mudik gratis yaitu 91 persen," ungkap Menhub Budi.

Menurut Budi, survei dilakukan atas instruksi Presiden Joko Widodo untuk evaluasi. Survei dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, salah satu media massa, dan perusahaan telekomunikasi di tanah air.

Menhub juga menyampaikan pada arus mudik dan arus balik lebaran 2024 dari unsur keselamatan mendapatkan hasil yang baik. Salah satunya karena faktor mudik gratis yang tersedia sehingga menurunkan angka pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

"Terjadi penurunan kasus 8 persen, meninggal dunia turun 12 persen, dan luka ringan minus 10 persen. Memang luka berat naik 33 persen, tapi kita menghimbau agar yang menggunakan motor seyogyanya untuk tidak melakukan itu. Solusinya adalah mudik gratis," terangnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi pihaknya akan mengupayakan penambahan rest area. Baik di Tol Cipali maupun Tol Jakarta-Merak.

"Fungsi rest area adalah untuk tempat istirahat, tapi fungsi yang lain sebagai tempat men-delay volume kendaraan yang menuju ke suatu tempat. Tadi saya diinstruksikan untuk bekerjasama dengan Menteri PU untuk membebaskan tanah-tanah sebagai rest area," terangnya.

BERITA TERKAIT