test

Kesehatan

Selasa, 7 Mei 2024 12:05 WIB

5 Tips Cegah Heatstroke Saat Cuaca Panas

Editor: Hadi Ismanto

Cuaca panas yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Fenomena udara panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Agustus atau September.

Selain membuat tak nyaman, cuaca panas yang ekstrem juga dapat mengancam kesehatan. Salah satu risikonya ialah terkena dehidrasi hingga heatstroke.

Sebagaimana dilansir dari laman Hopkins Medicine, Selasa (7/5/2024), berikut tips tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah heatstroke di cuaca panas.

1. Minum Air Putih
Tips pertama ialah memperhatikan asupan cairan Anda. Minumlah banyak cairan saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di cuaca panas. Air putih dan minuman olahraga menjadi minuman pilihan.

Hindari teh, kopi, soda, dan alkohol berkafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Gunakan Pakaian yang Ringan
Mengenakan pakaian yang ringan sangat dianjurkan saat cuaca panas. Selain membuat kulit terasa nyaman, pakaian yang ringan juga bisa mencegah Anda terkena serangan heatstroke di cuaca panas.

Beberapa jenis pakaian ringan yang bisa Anda gunakan ialah tenunan rapat, kaus longgar, dan pakaian dengan warna terang.

3. Kurangi Aktivitas di Siang Hari
Puncak cuaca panas biasanya terjadi di tengah hari sekitar pukul 12.00-14.00. Untuk itu, usahakan hindari melakukan aktivitas berat di luar ruangan di jam-jam tersebut.

Coba untuk mengatur aktivitas berat dan olahraga pada waktu yang lebih sejuk dalam sehari agar Anda terhindar dari serangan heatstroke saat cuaca panas.

4. Gunakan Topi hingga Payung
Menggunakan aksesori seperti topi saat siang hari juga sangat dianjurkan. Topi atau payung bisa membuat kepala Anda terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung dan cuaca panas.

Selain membuat lebih nyaman, topi maupun payung juga bisa melindungi kesehatan tubuh agar tercegah dari heatstroke.

5. Sempatkan Beristirahat
Satu lagi cara untuk mencegah terkena heatstroke saat udara panas, yakni banyak istirahat. Tak disadari, cuaca yang begitu panas bisa membuat Anda lebih mudah lelah saat beraktivitas.

Selama beraktivitas di luar ruangan, sering-seringlah beristirahat untuk minum dan bersandar. Anda juga bisa menyemprotkan air atau face mist agar tubuh tidak kepanasan.

BERITA TERKAIT