test

Kesehatan

Selasa, 23 Juli 2024 11:35 WIB

Hindari, Tujuh Gaya Hidup Buruk Ini Tingkatkan Resiko Terkena Kanker

Editor: Hadi Ismanto

Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Sebuah penelitian terbaru mengungkap sekitar 40 persen dari seluruh kasus kanker dapat dicegah. Salah satunya dengan menerapkan perubahan gaya hidup.

American Cancer Society merilis penelitiannya mengenai pilihan gaya hidup yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Penelitian tersebut mengamati 30 jenis kanker dan 18 faktor risiko, menentukan tujuh jenis kanker teratas yang dapat menyebabkan kanker.

Studi tersebut mengamati data 2019 dan menemukan faktor gaya hidup dikaitkan dengan lebih dari 700.000 kasus kanker baru dan 262.000 kematian di antara orang dewasa berusia 30 tahun ke atas.

Sebagaimana dilansir dari laman Mirror, Selasa (23/7/2024), berikut tujuh gaya hidup buruk yang dapat mengakibatkan seseorang terkena kanker:

1. Merokok
Merokok berkontribusi terhadap 22,7 persen dan 15,8 persen dari seluruh kasus kanker pada pria dan wanita. Secara khusus, jenis kanker yang paling umum adalah kanker paru-paru dan trakea. Perokok pasif juga berkontribusi terhadap sekitar 6.070 kasus kanker paru-paru.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mencatat bahwa berhenti merokok dapat mengurangi separuh peluang seseorang terkena kanker. Setelah 20 tahun tanpa merokok, risiko seseorang terkena kanker menurun hingga mendekati risiko seseorang yang tidak merokok.

2. Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan merupakan penyumbang terbesar ketiga dari total kasus kanker pada pria dan kedua pada wanita. Jenis kanker yang paling mungkin disebabkan oleh kelebihan berat badan adalah kanker rahim, kandung empedu, esofagus, hati, dan ginjal, kata studi tersebut.

CDC mengatakan semakin banyak berat badan yang Anda miliki dan semakin lama Anda kelebihan berat badan, semakin besar risiko terkena kanker.

3. Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan merupakan penyumbang terbesar keempat dari seluruh kasus kanker pada pria dan penyumbang terbesar ketiga pada wanita.

CDC menyebutkan asupan alkohol dalam jumlah sedang untuk wanita adalah tujuh porsi, sedangkan untuk pria adalah 14 porsi. Lebih dari itu dianggap minuman keras.

4. Kurangnya Olahraga
Ketidakaktifan fisik merupakan penyumbang terbesar keenam terhadap total kasus kanker pada pria dan penyumbang terbesar keempat pada wanita.

Pedoman Aktivitas Fisik untuk Amerika merekomendasikan bahwa orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit hingga 300 menit seminggu dengan intensitas sedang, atau 75 menit hingga 150 menit seminggu aktivitas fisik aerobik intensitas kuat.

5. Paparan sinar UV
Para peneliti menetapkan bahwa 93 persen kasus melanoma kulit disebabkan oleh radiasi UV. Beberapa tindakan perlindungan terhadap sinar matahari telah direkomendasikan untuk mengurangi risiko kanker kulit, termasuk membatasi paparan sinar matahari berlebihan.

BERITA TERKAIT