test

News

Kamis, 29 Februari 2024 14:09 WIB

Amankan Distribusi Beras, Satgas Polda Metro Jaya Fokus Pengawasan

Editor: Fitriawan Ginting

Pengawasan Satgas Pangan Polri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Distribusi bahan pokok, khususnya beras menjadi pengawasan langsung oleh Satgas pangan Polda Metro Jaya. Ini dilakukan bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengecek ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2204).

"Kami fokus untuk mengawasi, kemudian fokus untuk mengamankan. Dan memastikan jalannya rantai distribusi bahan-bahan pokok, khususnya dalam hal ini beras, itu dapat terdistribusi dengan baik semuanya, dari hulu sampai ke hilir," kata Kasubdit Industri dan Perdagangan Polda Metro Jaya AKBP Victor Inkiriwang.

Disampaikan Victor, hal ini untuk memastikan ketersediaan (stok) dan proses distribusi bahan pokok. Dalam hal ini beras berjalan dengan lancar sampai kepada konsumen (masyarakat).

Satgas pangan turut bekerja sama dengan instansi maupun unsur lainnya. Dia juga mengatakan belum ada temuan keberadaan spekulan komoditas pangan.

"Sampai saat ini belum ada temuan yang ditemukan terkait dengan distribusi bahan-bahan pokok, dalam hal ini beras," kata Victor.

Sementara, Ketua DPD Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) DKI Jakarta Nellis Soekidi mengklaim bahwa mahalnya harga beras diantaranya karena faktor El Nino.

"Faktor utama memang El Nino, biasanya petani bulan 11 (November) nanem, karena mundur-mundur akhirnya yang biasanya Desember-Januari panen. Karena November baru tanam akhirnya begitu (panen mundur)," tandas Nellis.

BERITA TERKAIT