test

News

Sabtu, 17 Februari 2024 07:09 WIB

Polisi-Dinkes Kota Tangerang Buka Layanan Kesehatan Bagi Petugas Pemilu

Editor: Hadi Ismanto

Polisi bersama Dinkes Tangerang Kota membuka posko layanan kesehatan bagi petugas Pemilu 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polisi bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Kota membuka posko layanan kesehatan pascapemungutan suara Pemilu 2024. Layanan itu diperuntukan bagi petugas PPS, PPK, KPPS, dan personel pengamanan.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan layanan kesehatan ini bertujuan untuk memonitor langsung kondisi petugas penyelenggara Pemilu.

"Hari ini ada 35 orang lebih terdiri dari petugas PPS, PPK, KPPS, Linmas, termasuk anggota Polri dan TNI kita periksa kesehatannya untuk memonitor langsung kondisinya pasca pemungutan suara," ungkap Zain Dwi Nugroho kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Menurut Zain, mayoritas keluhan dari para petugas yang berobat ke posko mulai dari kelelahan, mual, hingga diare. Pengecekan kesehatan di posko itu meliputi pengukuran tensi, cek gula darah dan kolesterol serta pemberian obat maupun vitamin.

"Rata-rata keluhan yang dirasakan oleh petugas pemilu maupun personel Polri dan TNI di antaranya adalah kelelahan, hipertensi, mual, flu, diare dan kurang enak badan," tuturnya.

Kapolres mengimbau para petugas Pemilu 2024 langsung berobat ke posko jika merasakan keluhan sakit. Salah satu posko layanan kesehatan itu berlokasi di halaman kantor Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

"Kita juga terus imbau para petugas pemilu bila masih mengalami sakit dapat langsung berobat ke posko kesehatan di masing-masing Kecamatan maupun fasilitas kesehatan yang telah disiapkan oleh Dinkes Kota Tangerang," terangnya.

Lebih lanjut Zain menjelaskan, pemeriksaan kesehatan telah dilakukan kepada 268 orang. Dia menyebut hanya satu orang yang masih dirawat di rumah sakit hingga saat ini.

"Dari 268 orang itu, 6 orang dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih intensif. Hingga hari ini Jumat (16/2) hanya ada 1 orang yang saat ini masih dirawat. Namun, kondisinya sudah mulai berangsur pulih," bebernya.

"Sementara anggota Polri ada 2 personel mengeluh sakit saat pemungutan suara kemarin. Alhamdulillah, setelah dilakukan penanganan medis kini sudah langsung membaik dan bertugas kembali," imbuhnya.

BERITA TERKAIT