test

News

Kamis, 29 Juni 2023 13:02 WIB

Tim DVI Kirim Sampel DNA Korban Pesawat SAM Air untuk Identifikasi Lanjutan

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Tim Polda Papua mengirimkan sampel DNA enam jasad korban jatuhnya pesawat SAM Air. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Papua akan mengirimkan sampel DNA enam jasad korban dari peristiwa jatuhnya Pesawat SAM Air PK-SMW untuk proses identifikasi.

Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol Nariyana mengatakan sampel DNA itu akan dikirim ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

“Tim DVI akan mengirimkan sampel DNA berupa darah dan gigi ke Puslabfor Mabes Polri untuk identifikasi lebih lanjut,” ujar Nariyana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/6/2023).

Nariyana menuturkan, pihak dari Tim DVI Polda Papua sudah melakukan upaya identifikasi para korban yang kondisinya hangus terbakar sejak hari Selasa (27/6/2023).

Lebih lanjut, Nariyana menyebutkan, bahkan ada jasad yang ditemukan dalam kondisi tidak utuh. Oleh karenanya untuk identifikasi lanjutan, sampel DNA para korban dikirim ke Puslabfor Polri.

“Proses identifikasi diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua pekan,” ucapnya.

“Dilihat dari kasus yang dialami para korban, kemungkinan kami akan melakukan proses identifikasi secara primer yakni meliputi sidik jari, lalu gigi dan DNA atau yang biasa disebut post mortem namun, sebelum itu dilakukan, kami memulai dengan proses pelabelan serta pendataan terlebih dahulu,” kata Nariyana menandaskan.

BERITA TERKAIT