test

News

Rabu, 28 Juni 2023 13:32 WIB

Basarnas: Black Box Pesawat SAM Air yang Jatuh di Papua Belum Ditemukan

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

TNI menemukan titik jatuhnya pesawat SAM Air di Kabupaten Yalimo, Papua. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Badan SAR Nasional (Basarnas) telah berhasil mengevakusasi seluruh jenazah penumpang dan kru pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air yang jatuh di wilayah hutan Kabupaten Yalimo, Papua.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan dalam proses evakuasi tersebut pihanya belum menemukan black box dari pesawat yang jatuh.

"Sesuai keterangan personil Tim Evakuasi yang mencapai titik pesawat PK-SMW telah melakukan upaya pencarian black box, namun tidak ditemukan," ungkap Henri Alfiandi dalam keterangannya, Rabu (28/6/2023).

Lebih lanjut Henri menjelaskan, kondisi pesawat yang jatuh itu dalam keadaan hancur dan hangus, serta hanya menyisakan bagian ekor dari pesawat SAM Air.

"Gambaran pesawat hancur dan hangus dari depan sampai belakang menyisakan bagian ekor yang tersangkut di cabang pohon,” ucapnya.

"Sementara untuk puing badan pesawat tertahan pada longsoran, sisi kiri atau kanan pesawat adalah jurang terjal,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim SAR TNI Gabungan berhasil mengangkat seluruh korban musibah pesawat SAM Air di Puncak Pegunungan Papua, dengan menggunakan Helly Caracal TNI AU.

Demikian disampaikan Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono melalui keterangan tertulis pada Selasa (27/06/2023).

“Enam Personel tim evakuasi yang terdiri dari tiga personel Kopasgat dan tiga personel Basarnas telah berhasil mengangkat korban dengan cara rappeling dari Helicopter Caracal,” ujar Julius.

BERITA TERKAIT