test

News

Jumat, 23 Juni 2023 16:43 WIB

Presiden Jokowi Berkurban 38 Ekor Sapi, Disebar ke Seluruh Provinsi

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan HUT ke-77 TNI. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi sebanyak 38 ekor pada Idul Adha 1444 Hijriah. Hewan kurban ini akan disebar ke 38 provinsi di seluruh Indonesia.

"Bapak Presiden memberikan per provinsi itu sesuai dengan utusan atau usulan dari pemerintah provinsi masing-masing. Jadi ada usulan dari para gubernur untuk sapi itu didistribusikan," ungkap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Istana Negara, Jumat (23/6/2023).

Adapun untuk proses pendistribusian sapi ke seluruh Indonesia, lanjut Heru, Sekretariat Presiden bakal bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama.

Sebelum dikirim, sapi-sapi tersebut bakal dicek kesehatan dan harus bebas dari penyakit mulut dan kuku. Heru menyebut hal ini agar sapi yang disalurkan berkualitas terbaik.

"Dan tentunya bobotnya juga antara 900 kilogram sampai 1,2 ton," ucapnya.

Heru menjelaskan, untuk jenis puluhan sapi yang bakal didistribusikan itu antara lain berjenis semental, limosin angus, brahman, dan peranakan ongole dari sapi Bali.

"Setpres =sudah melakukan rapat via Zoom yang dipimpin oleh Pak Deputi menyampaikan semua harus berjalan dengan baik dan tentunya dinas-dinas yang terkait di provinsi membantu juga untuk bisa terutama dalam menjaga kesehatan sapi," tukasnya.

BERITA TERKAIT