test

Regional

Kamis, 1 Juni 2023 08:08 WIB

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Wilayah Ambon Maluku Pagi Ini

Editor: Ferro Maulana

Gempa Bumi. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG)mmelaporkan, bahwa gempa dengan kekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Ambon, Provinsi Maluku pada Kamis (1/6/2023) pagi, sekira pukul 04.56 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3.

Sementara itu, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,52° LS ; 128,29° BT, atau 19 km timur laut Kota Ambon, Maluku pada kedalaman 103 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda,” terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault),” sambungnya.

Adapun gempa bumi ini dirasakan di Kota Saparua dengan skala intensitas III MMI (Getaran nyata dirasakan dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Ambon, Masohi, dan Piru II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

 

BERITA TERKAIT