test

Hukrim

Jumat, 8 Juli 2022 16:28 WIB

3 Pembobol Rumah Kosong Dibekuk Polisi, Emas Batangan 5 Kg Diamankan

Editor: Ferro Maulana

Kasatreskrim Polres Metro Jakbar Kompol Joko Dwi Harsono. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Tim dari Polres Metro Jakarta Barat berhasil meringkus tiga pelaku pembobolan rumah kosong.

Dari pengungkapan kasus ini, sejumlah uang beserta emas batangan seberat 5 kilogram turut diamankan polisi.

Diketahui, aksi pembobolan itu terjadi di Jalan Tanjung Duren Lama Raya RT004 RW001, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Minggu (3/7/2022).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Joko Dwi Harsono membenarkan adanya penangkapan tiga pelaku pencurian rumah kosong itu.

"Yang tertangkap tiga orang berinisial S alias Y, AM alias R, BW alias T," ungkap Joko kepada wartawan, Jumat (8/7/2022).

Menurutnya, ketiga pelaku itu telah mengintai rumah korban sejak jauh-jauh hari. Para pelaku, turut mempetakan kapan korban pergi dan kapan korban berada di kawasan rumah.

"Modusnya, pelaku memang sudah survei. Ia bolak-balik ke lokasi pastikan ini rumah kosong," tuturnya menegaskan.

Saat lakukan kejahatannya, ketiga pelaku memanjat pagar sampai membobol rumah korban. Para pelaku secara leluasa menggasak emas batangan seberat 5 kilogram dan juga sertifikat-sertifikat yang ada di dalam rumah.

"Ada uang, kemudian yang paling menonjol si emas sampai 5 kg. Total kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp5 miliar," tuturnya.

Usai korban yang mengetahui rumahnya dibobol maling, lalu korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Alhasil, polisi menangkap ketiga pelaku tersebut di lokasi berbeda.

"Emasnya itu disimpan di brankas. Jadi mereka bawa se brankas-brankasnya," ujarnya.

Adapun di dalam aksinya, Joko memastikan ketiga tersangka tidak membawa senjata tajam. Hanya membawa peralatan untuk membongkar pintu rumah seperti obeng dan lain-lain.

 

BERITA TERKAIT