test

News

Rabu, 6 Juli 2022 14:22 WIB

Viral Gas Putih Tutupi Jalan di Tangerang, Ini Penjelasan Polisi

Editor: Hadi Ismanto

Video viral gas karbondioksida yang menutupi jalan di Tangerang. (Foto: PMJ News/Tangkapan Layar Instagram)

PMJ NEWS - Sebuah video viral di media sosial yang merekam adanya gas berwarna putih seperti kabu menutupi Jalan Gatot Subroto, Tangerang. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (6/7/2022) pagi tadi.

Para pengendara nampak tak berani melintasi jalan dengan kondisi tersebut. Selain menghalangi pandangan, kondisi ini membuat mereka khawatir udara tersebut terhirup. Akibatnya, arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan.

Menanggapi peristiwa viral tersebut, Kapolsek Karawaci Kompol Hasoloan Situmorang menjelaskan gas berwarna putih itu merupakan Karbondioksida yang berasal dari alat pemadam api ringan (APAR).

"Itu bukan gas oksigen, tapi Co2 yang diperuntukan untuk bahan APAR. Tapi tidak mudah terbakar," ujar Kompol Hasoloan Situmorang saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (6/7/2022).

Lebih lanjut Hasoloan mememastikan APAR tersebut tidak mengalami kebocoran. Namun, alat tersebut diduga lupa ditutup oleh seorang karyawan yang berada di salah satu perusahaan di sekitar lokasi.

"Itu bukan kebocoran, ada kelalaian dari karyawan waktu ditutup kerannya itu terbuka," terangnya.

Hasoloan juga mengungkapkan, peristiwa ini sudah dalam penanganan. Dia menegaskan, gas tersebut tidak berbahaya kerena bisa langsung menguap ke udara.

"Jadi dia itu kan asap, karena di dalam perusahan distributor itu kan derajatnya minus tuh, akhirnya mengeluarkan asap menguap dia kan liquid gitu. Sudah (steril)," kata Hasoloan.

BERITA TERKAIT