test

News

Senin, 21 Juni 2021 14:20 WIB

Overload Pasien Covid-19, RSUD Kabupaten Tangerang Seleksi Pasien Bergejala

Editor: Fitriawan Ginting

Tracing guna mencegah penyebaran Covid-19. (Foto : Dok PMJ).

PMJ NEWS - RSUD Tangerang melakukan seleksi pasien yang terpapar Covid-19. Ini akibat dari kapasitas yang sudah overload atau kelebihan pendaftaran pasien Covid-19.

"Saat ini di rumah sakit sudah terisi 120 pasien dan itu sudah overload, karena kapasitas awal hanya 93 pasien. Supaya tidak makin bertambah, kita terapkan sistem seleksi hanya pasien dengan gejala berat dan sedang yang bisa dirawat," ungkap Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Petugas medis akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap pasien yang datang. Apabila pasien yang datang memiliki gejala berat maka akan langsung dirawat di rumah sakit. Sementara pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala akan dialihkan ke hotel yang direkomendasikan.

"Jika gejala ringan, maka langsung diarahkan ke fasilitas isolasi atau isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan aturan ini pun kita terapkan sesuai dengan ketentuan di Kementerian Kesehatan," jelasnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi menambahkan, RSUD Kabupaten Tangerang juga membatasi rujukan pasien dan akan merujuk pasien ke rumah sakit lainnya.

"Iya penuh, dan sekarang dibatasi. Jadi yang ditangani yang urgent saja, sementara kalau ada yang datang dan kondisinya tidak urgent, maka langsung dirujuk lagi. Kalau data sementara ini, sejak 17 hingga 20 Juni 2021, ada enam orang yang sudah dirujuk ke RSUD Provinsi Banten," tandasnya.

BERITA TERKAIT