test

News

Kamis, 4 Maret 2021 11:05 WIB

Tegakkan Prokes Covid-19, Kapolres Klaten Minta Dukungan Dai Kamtibmas

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu meminta dukungan para dai Kamtibmas Polres Klaten untuk mengingatkan jemaah dan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Permintaan Kapolres tersebut disampaikan pada acara sarasehan dengan dai Kamtibmas di Gedung Wongso Menggolo, Klaten, Rabu (3/3/2021). Kegiatan ini dalam rangka penerapan protokol kesehatan di tempat ibadah dan kegiatan keagamaan.

"Kami menyadari bahwa memiliki keterbatasan. Sehingga, kami meminta dukungan dan bantuan dari dai Kamtibmas Polres Klaten untuk turut menyebarluaskan informasi dan sosialisasi pentingnya protokol pencegahan Covid-19," ungkap Edy.

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Edy kembali mengingatkan pentingnya protokol kesehatan 5M. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Kapolres telah memerintahkan jajaran Polsek untuk melibatkan para tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan pembagian masker dan operasi penerapan disiplin protokol kesehatan untuk pengendalian Covid-19.

Selain pelibatan secara langsung, Edy juga meminta para dai Kamtibmas maupun masyarakat untuk melaporkan pelanggaran protokol kesehatan melalui layanan Chatbot Polres Klaten melalui Whatsapp +62811255881.

"Setiap laporan pelanggaran protokol kesehatan yang disampaikan dai Kamtibmas maupun warga masyarakat melalui layanan Chatbot Polres Klaten, akan langsung ditindaklanjuti oleh petugas," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dai Kamtibmas Klaten Syamsudin Asyrofi menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan Polres Klaten dalam penanganan wabah Covid-19. Dia juga menyatakan bahwa dai Kamtibmas siap mendukung program Polres Klaten.

Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 di Klaten hingga Rabu (3/3/2021) bertambah 27 orang. Dari jumlah tersebut, 18 pasien sembuh dan lima orang meninggal dunia.

Sementara secara akumulasi, kasus positif Covid-19 berjumlah 5.820 orang. Dari angka itu, 5.166 orang sembuh, 386 meninggal dunia, dan 268 dalam perawatan.

"Kali ini, kasus covid-19 bertambah 27 orang. Sementara, 18 pasien sembuh, dan lima meninggal dunia," kata Cahyono Widodo dari Satgas Penanganan Covid-19.

Penambahan kasus terkonfirmasi positif tersebut, 10 orang di antaranya merupakan kontak erat, tiga tertular di luar daerah, dan 14 orang lainnya terpapar di Klaten.

"Kasus positif baru itu berasal dari 10 wilayah kecamatan di Klaten. Kecamatan Wedi merupakan penyumbang kasus positif paling banyak, yakni enam orang," imbuhnya.

Kemudian, lima orang yang meninggal dunia, tiga di antaranya terkonfirmasi positif covid-19. Sedangkan dua orang lainnya pasien tengah menjalani perawatan.

BERITA TERKAIT