test

News

Sabtu, 16 Januari 2021 13:10 WIB

KNKT Berhasil Unduh Data FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Editor: Hadi Ismanto

Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, telah ditemukan. (Foto: PMJ News/Adi)

PMJ NEWS - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data yang ada dalam flight data recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182. FDR pesawat yang jatuh saat penerbangan Jakarta-Pontianak pada 9 Januari 2021 itu, ditemukan pada Selasa (12/1/2021).

"KNKT telah mengunduh data memory FDR pesawat SJ-182 secara berhati-hati," ujar Ketua KNKT, Soerjanto Tjahyono, Jumat (15/1/2021).

Menurut Soerjanto, setelah pengunduhan data selesai KNKT langsung memprosesnya menggunakan software. Nantinya, proses pemunculan data penerbangan dari FDR tersebut juga sudah berhasil.

Diketahui, robot bawah laut atau 'Remotely Operated Vehicle (ROV)' diturunkan dari KRI Rigel-933 untuk melakukan pencarian korban dan puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Kami berhasil mengunduh secara utuh dan tak ada kerusakan dari kotak hitamnya," ujar Soerjanto.

Sebelumnya, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan sudah menerima crash survivable memory unit (CSMU). Nurcahyo mengatakan, CSMU merupakan bagian dari kotak hitam yang paling tahan benturan dan panas hingga suhu seribu derajat celcius selama satu jam.

Nurcahyo mengatakan, sebelum pengunduhan data dilakukan, KNKT melakukan proses khusus terhadap CSMU tersebut. "Kami membersihkan unit memori dari kotoran sisa garam yang menempel karena terendam di laut," jelas Nurcahyo.

BERITA TERKAIT