test

Wisata

Senin, 21 Desember 2020 12:50 WIB

Cukup di Rumah Saja, Ini Cara Bikin Liburan Akhir Tahun Jadi Menyenangkan

Editor: Etty Kadriwaty

Berkemah di rumah sambil BBQ akan menjadi liburan yang menyenangkan meski di rumah saja. (Foto:PMJ News/doknet)

PMJ NEWS - Menjalani masa libur panjang Natal dan Tahun Baru kali ini tak sama dengan tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya melewati liburan di rumah saja. Meski begitu, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu liburan selama di rumah saja.

Berkemah Sambil BBQ

Hal paling mengasyikkan adalah berkumpul bersama keluarga di rumah. Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah dengan mendirikan tenda untuk berkemah. Sambil bernyanyi dan mengelilingi api unggun kecil, tentu akan menjadi momen berlibur seru dan asyik.

Biar semakin meriah, coba beli beberapa confetti yang nantinya bisa ditembakkan saat malam pergantian tahun. Jangan lupakan juga untuk memanggang berbagai jenis makanan atau yang biasa disebut BBQ supaya lebih spesial.

Bermain Board Game

Bermain board game menjadi salah satu pilihan seru di kala berlibur di rumah saja. (Foto:PMJ News/doknet)
Bermain board game menjadi salah satu pilihan seru di kala berlibur di rumah saja. (Foto:PMJ News/doknet)

Biar liburan di rumah semakin menyenangkan, cobalah untuk memainkan beberapa permainan yang bisa dimainkan secara bersama-sama, salah satunya board game. Ada banyak jenis board game yang bisa dimainkan seperti ular tangga, monopoly, hingga board game kekinian yaitu Werewolf.

Supaya makin tegang, berikan hukuman buat orang yang kalah dalam game tersebut, bisa dengan menempelkan bedak ke wajah atau menggambarkan wajah menggunakan spidol yang bisa dihapus. Wah, seru bukan?

Mempelajari Hobi Baru

Buat yang tidak bisa merayakan liburan kali ini bersama keluarga alias sendirian, jangan berkecil hati ya karena ada kok kegiatan seru yang bahkan dapat meningkatkan kemampuan softskill. Yaitu adalah mempelajari hal-hal baru di internet.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti belajar bermain gitar, memasak, hingga belajar bela diri. Selain dapat mengisi waktu selama berlibur, tentunya kegiatan ini juga akan baik untuk diri sendiri.

Masak Bersama

Memasak bersama menjadi salah satu kegiatan menyenangkan kala liburan di saja. (Foto:PMJ News/doknet)
Memasak bersama menjadi salah satu kegiatan menyenangkan kala liburan di saja. (Foto:PMJ News/doknet)

Menjelajahi dapur sambil bereksperimen membuat makanan bersama bisa menjadi aktivitas menyenangkan loh. Buat aneka makanan kesukaan kamu. Kamu juga bisa mengajak serta anak dalam memasak.

Misalnya, dengan memberi tanggung jawab kecil saat memasak kepada anak, mengocok telur misalnya, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, orangtua dapat mengajak anak mengeksplorasi aneka rasa dan bahan makanan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, anak bisa belajar untuk lebih menghargai makanan dan tidak pilih-pilih saat mengonsumsinya.

Menonton

Menonton bersama keluarga di rumah akan terasa seru dan menyenangkan. (Foto:PMJ News/doknet)
Menonton bersama keluarga di rumah akan terasa seru dan menyenangkan. (Foto:PMJ News/doknet)

Rekomendasi aktivitas seru saat libur panjang di rumah lainnya adalah menonton, baik itu film maupun serial. Kini, semakin banyak platform digital yang menyediakan layanan streaming film atau serial.

Selama hari kerja sebelumnya, ada film yang belum sempat kamu tonton? Bila iya, ini adalah saat yang tempat untukmu menyelesaikan film yang belum selesai kamu tonton.

Kamu bisa menyegarkan kembali pikiranmu dengan genre film yang kamu sukai. Yuk, mulai buat daftar film apa saja yang ingin kamu tonton selama libur panjang. Cocok banget, nih, buat kamu si pecinta film.

Buat Sesi Foto Bersama Keluarga

Kamu juga bisa memanfaatkan sesi foto sebagai kegiatan untuk mengisi liburanmu di rumah. Tentukan tema foto dan pakaiaan maupun kostum keluarga, kemudian jadikan lokasi rumahmu sebagai lokasi foto yang menarik.

BERITA TERKAIT