test

News

Kamis, 31 Oktober 2019 10:56 WIB

Gempa 4,8 SR Guncang Wilayah Pangandaran

Editor: Redaksi

Gempa bumi (Foto: Ilustrasi/Dok Net)

PMJ - Gempa bumi yang berkekuatan magnitudo 4,8 skala ritcher (SR) mengguncang Pangandaran pukul 08.56 WIB.

Gempa itu berada di kedalaman 25 kilometer pada jarak 64 Kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.23 Lintang Selatan dan 108.25 Bujur Timur.

Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menerangkan hingga pukul 09.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Hendro menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan menjauhi berita-berita bohong (hoax) di sosial media.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas gempa bumi di intraslab Lempeng Eurasia," demikian kata Hendro, Kamis (31/10/2019).

Hendro kembali memaparkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cilacap dengan skala intensitas II MMI, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dengan skala I-II MMI serta Pangandaran dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Tetapi, hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi itu. (BMKG/ FER).

BERITA TERKAIT