test

News

Sabtu, 8 Februari 2020 21:43 WIB

BMKG Prediksi Hujan Masih Terjadi Hingga Lima Hari Mendatang

Editor: Ferro Maulana

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati (Foto: Dok Net)

PMJ - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan curah hujan disebagian wilayah Indonesia masih cukup tinggi. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi dalam lima hari ke depan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa dengan kondisi seperti ini masyarakat diminta waspada banjir hingga tanah longsor.

"(Hujan) 8-13 Februari 2020 hampir merata di berbagai pulau besar Indonesia. Dari Aceh sampai Papua alami hujan harian dengan intensitas sedang hingga lebat," ungkap Dwikorita Karnawati saat menggelar konferensi pers, Sabtu (8/2/2020).

Daerah yang mengalami hujan lebat diantaranya Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalbar, Kalteng, Kalsel, seluruh wilayah Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Intensitas (hujan) tampaknya masih tinggi, tidak hanya di Jabodetabek, di wilayah lain di Indonesia juga. (Jadi) perlu diwaspadai potensi banjir, banjir bandang, longsor.," tuturnya.

Secara khusus pada 8-9 Februari, kata Dwikorita, ada 11 wilayah di Indonesia yang harus waspada banjir dan 1 wilayah siaga banjir dampak hujan lebat.

Wilayah itu adalah Kalimantan Utara, Aceh, Bengkulu, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

"Ada 12 wilayah yang berpotensi banjir atau genangan diprediksi berdasarkan intensitas hujannya. Periode banjir itu hari ini sampai besok. Itu prediksi di dasarian pertama hari ini sampai 9 Februari," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT