test

News

Selasa, 14 Juli 2020 11:45 WIB

Gempa 5,1 M Guncang Wilayah Bayah Banten, Tak Berpotensi Tsunami

Editor: Hadi Ismanto

Gempa mengguncang wilayah Barat Daya Bogor (Foto: PMJ News/Ilustrasi/FIF)

PMJ - Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, pada Selasa (14/7) pukul 07.04/34 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Seperti dilansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (14/7/2020), disebutkan lokasi gempa berada di titik koordinat 6,96 LS dan 106,08 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19km arah Barat Daya Bayah, Banten.

Adapun guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bayah dan Panggarangan, II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa," jelas Kapus Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya.(Hdi)

BERITA TERKAIT