test

Kesehatan

Kamis, 2 Mei 2024 10:03 WIB

Peneliti: Lidah Bisa Ungkap Ungkap Kondisi Kesehatan Seseorang

Editor: Hadi Ismanto

Warna lidah bisa menandakan kondisi kesehatan anda. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sejumlah ahli kesehatan percaya warna lidah bisa menjadi tanda awal dari penyakit serius seperti kanker atau diabetes. Tim peneliti dari Harvard juga menyebut lidah dapat mengungkap banyak hal tentang kesehatan seseorang.

Dari tampilan, warna, hingga tekstur lidah bisa dicermati untuk mengetahui penyakit tertentu. Dalam sebuah artikel ilmiah terbaru, para ilmuwan menyimpulkan bahwa lidah seharusnya memiliki bentuk melengkung dan simetris. Normal juga jika ada lapisan putih di lidah.

"Umumnya lidah berwarna merah muda terang, meskipun beberapa orang mungkin memiliki pigmentasi ungu atau cokelat pada populasi Afrika, Asia, dan Mediterania," ungkap peneliti dalam paparan studinya seperti dikutip dari laman Express, Kamis (2/5/2024).

Salah satu peneliti yang merupakan odontolog di Departemen Kesehatan Mulut Masyarakat dan Epidemiologi di Sekolah Kedokteran Gigi Medis Harvard, Tien Jiang mengatakan perihal lapisan putih di lidah. Itu berasal dari protein resisten yang disebut keratin.

Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa warna lidah bisa bergantung pada apa yang dimakan seseorang. Hal ini disebabkan oleh benjolan di lidah yang disebut papila, yang menyerap warna dan residu dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Seseorang pasti pernah mendapati lidahnya berwarna putih setelah minum susu, menguning setelah makan kari yang mengandung banyak kunyit, atau berwarna sesuai dengan permen yang dikulum.

Namun, selain efek dari makanan studi tersebut juga menyebutkan tiga warna lidah yang bisa jadi tanda peringatan penyakit serius sebagai berikut.

1. Cokelat atau hitam
Jika ini terjadi, bisa jadi seseorang mengalami kondisi yang disebut 'lidah berbulu hitam', ketika papila menjadi terlalu besar. Biasanya, benjolan kecil ini tak memiliki banyak ruang untuk tumbuh.

Namun, jika tumbuh, dapat menjebak bakteri dan sisa makanan, sehingga meninggalkan warna cokelat atau hitam di lidah. Ini bisa dipicu kebiasaan merokok, konsumsi antibiotik, mulut kering, minum kopi/teh berlebihan, dan kebersihan mulut yang buruk.

2. Noda atau luka berwarna putih
Noda atau luka berwarna putih di lidah bisa menjadi tanda pertumbuhan jamur berlebihan. Hal ini dapat disebabkan oleh diabetes, AIDS, penggunaan antibiotik, pengobatan kanker, penggunaan gigi palsu, merokok, atau mulut kering.

Dalam kasus yang parah, luka di lidah bisa menjadi tanda kanker mulut. Begitu pula jika luka menjadi kuning, merah, dan nyeri.

3. Merah terang
Lidah yang berwarna merah terang sebenarnya bisa disebabkan sejumlah hal. Misalnya, ini bisa berarti seseorang kekurangan vitamin B12, sedang mengidap demam berdarah, atau radang tenggorokan.

Namun, dua kondisi terakhir akan disertai dengan ruam merah. Jika lidah berwarna merah terang terus-menerus tanpa penyebab pasti, hal itu patut diwaspadai.

BERITA TERKAIT