logo-pmjnews.com

test

Kesehatan

Rabu, 23 Oktober 2024 13:35 WIB

Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Makan Jagung Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Jagung memiliki banyak manfaat kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)
Jagung memiliki banyak manfaat kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Jagung merupakan makanan yang sering kita temui dan bisa dikonsumsi sebagai makanan utama maupun pendamping. Namun, tidak banyak yang tahu jika jagung memiliki banyak manfaat kesehatan.

Jagung juga bisa dijadikan bagian dari menu diet sehari-hari, baik dalam bentuk tumisan yang dicampur bahan lain. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal, mengonsumsi biji jagung dalam bentuk mentah atau sedikit diolah bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024), berikut beberapa manfaat jagung untuk kesehatan:

1. Baik untuk Pencernaan
Jagung merupakan bahan makanan tambahan yang sangat baik untuk diet harian Anda. Kaya akan nutrisi, jagung mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat makanan.

Serat yang tidak larut dalam jagung membantu memperlancar proses pencernaan dan mendukung pergerakan usus yang teratur, menjadikannya pilihan ideal untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Selain menjadi pilihan baik untuk diet, jagung juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium yang rendah membuat jagung menjadi makanan yang aman untuk dikonsumsi tanpa khawatir terhadap kesehatan jantung.

Jagung kaya akan minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, jagung juga mengandung serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Serat ini bekerja dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang berperan dalam mencegah risiko penyakit jantung.

3. Menurunkan Berat Badan
Jagung adalah salah satu makanan yang efektif membantu menurunkan berat badan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah, jagung memungkinkan Anda merasa kenyang tanpa mengonsumsi kalori berlebihan.

Kaya akan serat, jagung memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Ini membantu mengurangi rasa lapar yang seringkali mendorong kita untuk makan berlebihan.

Dengan mengontrol nafsu makan, jagung dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori harian. Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat yang memberikan energi, menjadikannya pilihan yang baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

4. Mengontrol Tekanan Darah
Jagung merupakan pilihan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tekanan darah. Dengan kandungan kalium yang tinggi, jagung dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan terbuka, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang
Jagung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Di dalam 100 gram jagung terdapat sekitar 500 mg fosfor. Jumlah ini hampir memenuhi kebutuhan harian fosfor orang dewasa.

Fosfor sendiri merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang dan gigi.

BERITA TERKAIT