test

Kesehatan

Kamis, 19 September 2024 12:32 WIB

5 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Air rebusan daun kelor ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Air rebusan daun kelor ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat beragam. Minuman ini dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Sebagaimana dilansir dari laman Hindustan Times, Kamis (19/9/2024), berikut sederet manfaat minum air rebusan daun kelor bagi kesehatan tubuh:

1. Bantu Menjaga Kesehatan Mata
Daun kelor kaya akan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi air rebusan daun kelor secara rutin dapat membantu mencegah berbagai masalah mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula, yang sering terjadi karena kekurangan vitamin A.

2. Turunkan Kadar Gula Darah
Beberapa penelitian menyebut daun kelor memiliki sifat antidiabetik yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, konsumsi air rebusan daun kelor bisa membantu jaga kadar gula darah tetap stabil, namun harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

3. Turunkan Kadar Kolesterol
Daun kelor mengandung senyawa yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Air rebusan daun kelor dapat menjadi solusi alami untuk menjaga kolesterol tetap terkontrol.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker
Daun kelor memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah kanker karena mengandung niazimicin, senyawa yang menghambat perkembangan sel kanker.

Menurut beberapa ilmuwan, ekstrak daun kelor, kulit kayu, dan bagian lain tanaman tersebut memiliki khasiat yang dapat membunuh sel kanker. Ekstrak daun kelor juga terbukti bermanfaat dalam mengobati kanker payudara, hati, kolorektal, dan kanker lainnya.

5. Tingkatkan Imunitas Tubuh
Air rebusan daun kelor mengandung sejumlah besar vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi, sementara antioksidan menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

BERITA TERKAIT