test

VIDEO

Jumat, 27 Januari 2023 16:32 WIB

Semeru Keluarkan 2 Kali Letusan Asap Pagi Ini

Editor: Contentadm

PMJ NEWS -  Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali mengeluarkan aktivitas vulkanik berupa letusan asap, Jumat (27/1/2023) pagi. Secara visual, Gunung Semeru teramati mengeluarkan dua kali letusan asap berwarna kelabu setinggi 500 - 600 meter mengarah ke utara. Letusan asap itu terjadi pada pukul 05.34 wib dengan kolom abu tebal berwarna kelabu setinggi 600 meter dan pukul 08.02 wib setinggi 500 meter. Gunung Semeru keluarkan 16 kali letusan asap, ketinggian kolom abu sampai 600 meter kedua letusan itu cenderung mengarah ke utara atau arah Kecamatan Pasrujambe dan Senduro. Selain itu, suara letusan atau gemuruh Gunung Semeru juga terdengar jelas beberapa kali oleh petugas yang ada di Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur.

Aktivitas kegempaan yang terekam seismograf milik PVMBG mencatat ada 24 kali gempa letusan dalam periode pengamatan 00.00-06.00 wib dengan amplitudo 12-22 milimeter. Guguran lava pijar juga tampak jelas meluncur dari puncak Gunung Semeru mengarah ke besuk kobokan sejauh 800 meter. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Semeru memang mengalami peningkatan beberapa hari terakhir. Meski begitu, Patria mengimbau agar warga tidak panik berlebihan. Sebab, sampai saat ini status Gunung Semeru masih tetap berada di level III (siaga). "Aktivitas Semeru memang beberapa hari terakhir terlihat ada peningkatan, tapi itu masih dalam kategori normal. Jadi warga jangan panik dan tetap waspada potensi APG dan bahaya semeru lainnya," kata Patria di Lumajang, Jumat.

Petugas PPGA Semeru, Ghufron Alwi mengimbau warga untuk mematuhi arahan PVMBG agar tidak beraktivitas di dalam radius 13 kilometer dari puncak. "Potensi APG (Awan Panas Guguran), guguran lava dan banjir lahar cukup tinggi apalagi musim hujan begini. Jadi jangan beraktivitas di sepanjang sungai yang dialiri lahar seperti Besuk Kobokan, Besuk Sat, Besuk Bang dan Besuk Kembar," pungkasnya.