Kesehatan

Kamis, 29 Oktober 2020 06:06 WIB

Peringati HUT ke-16, Polres Kepulauan Seribu Gelar Aksi Donor Darah

Editor: Ferro Maulana

Bakti sosial donor darah oleh jajaran Polres Kepulauan Seribu. (Foto: PMJ News).

PMJ - Dalam rangka memeriahkan HUT Polres Kepulauan Seribu ke-16 Polres Kepulauan Seribu bekerjasama dengan PMI Jakarta Utara menggelar bakti sosial donor darah yang diadakan di Kantor Polres Kepulauan Seribu Marina Ancol, baru-baru ini.

"Bakti sosial donor darah ini dalam rangka merayakan HUT Polres Kepulauan Seribu yang ke-16 tahun 2020, kita merayakannya dengan berbagi kebaikan yang bisa dirasakan oleh masyarakat salah satunya dengan aksi donor darah," tutur Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Edmond, S.I.K., M.T, di sela-sela kegiatan, saat dikonfirmasi.

Morry menambahkan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk partisipasi Polres Kepulauan Seribu di tengah pandemi COVID-19 untuk para pasien yang membutuhkan darah, dan kegiatannya diikuti oleh personel Polres Kepulauan Seribu dan Polsek Jajaran, Bhayangkari Cabang Polres Kepulauan Seribu serta warga masyarakat sekitar.

Bakti sosial donor darah oleh jajaran Polres Kepulauan Seribu. (Foto: PMJ News).

"Dalam kegiatan donor darah ini bukan saja Pejabat Utama (PJU) Polres dan para Kapolsek serta personel Polres saja yang ikut, tapi ibu-ibu Bhayangkari cabang Kepulauan Seribu dan warga masyarakat sekitar juga turut andil menyumbangkan darahnya," sambung Kapolres.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan sosial tersebut dilakukan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan guna pencegahan penularan COVID-19 dimana semua tenaga medis dan pendonor juga diwajibkan agar menggunakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu dan menerapkan jaga jarak jarak (atau physical distancing).

“Semoga donor darah ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dan mengingat kegiatan donor darah ini sangat penting, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,"pungkas AKBP Morry.

Bakti sosial donor darah oleh jajaran Polres Kepulauan Seribu. (Foto: PMJ News).

Sekeda informasi, tenaga medis dan tenaga kesehatan yang terlibat dalam aksi donor darah adalah 11 orang dari PMI Jakarta Utara. Di antaranya Endang K.S., S.E., M.M., dr. Ulfa Suryani, MARS., M.Biomed., Sugi Harsono., SE., M.M., dan H. Sabri Saiman, MBA (Ketua PMI Jakarta Utara), sementara tenaga kesehatan dari Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu sejumlah 10 orang pimpinan dr. Isti Iryan Prianti.

"Sebelum peserta mendonorkan darah terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya seperti dilakukan pengecekan suhu tubuh, timbang berat badan, cek tekanan darah dan pemeriksaan hemoglobin (HB), dan dari 62 peserta donor darah, tercatat ada 52 peserta yang memenuhi persyaratan," terang dr Isti Iryan Prianti selaku Perwira Urusan Kesehatan (Paurkes) Bagian Sumber Daya Manusia (Bag Sumda) Polres Kepulauan Seribu. (Fer).

BERITA TERKAIT