Fokus

Jumat, 29 Mei 2020 17:27 WIB

Memutus Covid-19, Kabaharkam Polri Lakukan Supervisi Operasi Aman Nusa II 2020

Editor: Ferro Maulana

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto (Foto: Humas Polri)

PMJ – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto SH, MH, yang didampingi Kakorbinmas Baharkam Polri, Kapusdokkes Polri bersama Komandan pasukan pelopor Korp Brimob Polri melakukan supervisi dan asistensi Operasi Aman Nusa II 2020 dalam rangka pengecekan Kampung Tangguh Semeru sebagai Role Model yang bermanfaat memutus mata rantai virus corona (Covid-19) melewan New Normal.

Kedatangan rombongan Kabaharkam disambut Kapolda Jatim Irjen DR M Fadil Imran MSi; Wakapolda Jatim; Irwasda serta Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim di halaman Polda Jatim, hari ini Jumat (29/05/2020).

“Supervisi dan asistensi ini untuk menggali apa yang menjadi kesulitan atau kendala Polda Jatim dalam hadapi Pandemi Covid-19, dalam pelaksanaan Gugus tugas dan juga pelaksanaan Operasi Aman Nusa II 2020,” terang Agus Andrianto dalam sambutannya membuka acara supervisi dan asistensi Operasi Aman Nusa II 2020 Polda Jatim.

Foto 1: Warga setempat melakukan pemeriksaan kepada para tamu yang hendak masuk ke Kampung Tangguh Covid-19 (Foto: Istimewa)

Polda Jatim menunjuk Karo Ops Polda Jatim menjelaskan pelaksanaan Operasi Aman Nusa II 2020 di Polda Jatim sesuai dengan rencana Konsep Operasi dalam rangka pencegahan dan Percepatan penanganan Covid-19 dan mengatasi dampak sosialnya.

“Sejauh ini Polda Jatim telah melakukan langkah-langkah pencegahan. Kita apresiasi kesiapan Polda Jatim termasuk pembentukan Kampung Tangguh di wilayah Polda Jatim,” ujar Agus memberikan apresiasi pembentukan Kampung Tangguh tersebut.

Melalui paparan Implementasi Kampung Tangguh Semeru berbasis Problem Oriented Policing dan pemutaran video Kampung tangguh Semeru itu, Kabaharkam beserta rombongan mendapatkan gambaran Inplementasi Kampung Tangguh Semeru yang digagas Kapolda Jatim Irjen DR M Fadil Imran MSI.

Agus Andrianto pun mengapresiasi Implementasi Kampung Tangguh Semeru. Bahkan menurutnya Kampung Tangguh Polda Jatim ini dapat menjadi Role Model ke seluruh Tanah Air.

Petugas penyemprotan disinfektan yang direkrut dari warga sekitar (Foto: Istimewa)

Dengan Kampung Tangguh hingga tingkat RT dan RW akan membentuk masyarakat mandiri dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam masa New Normal

Selanjutnya, acara supervisi dan asistensi Kabaharkam di akhiri dengan peninjauan Kampung Tangguh Semeru di wilayah Jawa Timur yaitu Polres Kabupaten Malang.

Apresiasi untuk Kampung Tangguh

Di kesempatan yang sama, Agus mengimbau seluruh anggota di Polda Jatim terkait SOP petugas Polri saat menjalankan tugas. Salah satunya menggunakan APD sesuai standar pelaksanaan, agar optimal dalam memberikan pelayanan hingga perlindungan ke masyarakat.

Selain itu, Agus juga menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa hazmat, masker hingga alat rapid test.

"Kemudian kita bawa bantuan dari Mabes untuk kita gunakan di Polda Jatim membantu masyarakat, membantu sesama Polda untuk bersama-sama bisa menurunkan kurva pandemi COVID-19 2020," sambungnya.

Petugas yang disiapkan membantu masyarakat Kampung Tangguh (Foto: Istimewa)

Agus juga mengapresiasi Kampung Tangguh yang dicanangkan Polda Jatim. Dirinya berharap dengan adanya kampung tangguh, bisa menurunkan kurva penyebaran COVID-19 di Jatim.

"Kita lihat Polda Jatim sudah berusaha membangun kampung tangguh dari hasil pelaksanaannya sudah mulai kurvanya mulai turun. Mudah-mudahan dengan kerja sama seluruh kabupaten kota dan masyarakat saya yakin kurvanya bisa turun dan kita bisa hidup normal dalam kondisi COVID-19 tetap produktif," harapnya menutup pembicaraan. (FER).

BERITA TERKAIT