test

Fokus

Kamis, 6 Agustus 2020 15:11 WIB

Memaknai Proklamasi Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi

Editor: Ferro Maulana

Upacara HUT Kemerdekaan RI. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 mengusung tema “Indonesia Maju”. Tetapi, ada yang berbeda dalam Peringatan HUT RI ke-75 pada tahun ini.

Pemerintah RI mengumumkan upacara peringatan HUT RI ke-75 dilakukan secara terbatas dan digelar secara daring (online).

Hal tersebut mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air. Sehingga acara yang bersifat fisik bakal dibatasi.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Tomo Setya Utama mengungkapkan di usia yang sudah menginjak lebih dari tujuh dekade, Indonesia mampu menyongsong kemajuan dalam berbagai lini.

"Sesuai tema, jadi temanya ini Indonesia Maju. Jadi kita berharap di 75 tahun kemerdekaan ini Indonesia sudah menjadi negara maju dari sisi ekonomi, sosial, politik dan lain-lain. Dan itu tergambar dari peringatan ini," harap Tomo Setya Utama, Kamis (06/08/2020).

Walaupun upacara itu tak bisa digelar seperti tahun-tahun sebelumnya, Tomo mengatakan pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin agar peringatan itu bisa dilangsungkan secara meriah namun tetap sederhana.

"Tetapi bisa dirasakan kehikmatannya, kemeriahannya dan pesan-pesan tentang patriotisme dari pendahulu-pendahulu kita yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan," tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT