test

News

Senin, 12 Februari 2024 21:02 WIB

Stabilkan Harga, Satgas Pangan Polri Awasi Stok dan Distribusi Beras

Editor: Hadi Ismanto

Pengawasan Satgas Pangan Polri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Satuan tugas (Satgas) Pangan Polri terus melakukan pengawasan dan monitoring terkait ketersediaan dan distribusi beras di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan kebutuhan beras masyarakat terpenuhi.

Kepala Satgas Pangan Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengatakan monitoring dilakukan mulai tingkat hulu dan hilir. Di tingkat hulu, Satgas Pangan memastikan tidak ada kendala bagi petani dalam memproduksi beras.

Sementara di tingkat hilir, lanjut Whisnu, Satgas Pangan Polri memantau kelancaran jalur distribusi beras hingga ke konsumen. Sehingga tidak ada penimbunan.

"Satgas Pangan juga melakukan pengecekan rutin terhadap tempat penyimpanan atau gudang beras untuk memastikan tidak ada penimbunan," ungkap Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

Berdasarkan hasil monitoring Satgas Pangan, Whisnu menjelaskan kenaikan harga beras di sejumlah daerah disebabkan oleh beberapa faktor, Mulai dari cuaca, kenaikan biaya produksi, keterbatasan lahan dan air, sehingga mengakibatkan penurunan hasil produksi.

Namun, kata Whisnu, pemerintah telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menstabilkan harga dan memastikan ketersediaan beras di pasaran.

"Pemerintah telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menstabilkan harga dan ketersediaan beras di pasaran," ujarnya.

Menurut Whisnu, pemerintah telah juga melakukan upaya-upaya menstabilkan harga serta ketersediaan beras di pasaran, dan memastikan pasokan mencukupi sampai saat ini.

"Satgas Pangan memastikan stok atau ketersediaan beras masih mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat," tukasnya.

BERITA TERKAIT