test

Entertainment

Selasa, 10 November 2020 14:48 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Empat Artis Ini Berdarah Pejuang

Editor: Fitriawan Ginting

Dian Sastrowardoyo. (Foto : PMJ/IG Dian Sastro).

PMJ- Masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional setiap 10 November. Hari bersejarah ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Muda mudi bangsa saat di era perjuangan, bersatu untuk bertempur melawan para penjajah. Perjuangan tersebut janganlah berhenti. Muda mudi zaman sekarang wajib meneruskan perjuangan para leluhur atau para pejuang Tanah Air.

Dan dari kalangan artis ibukota, terdapat 4 artis yang mengalir darah pahlawan di dirinya. Siapa saja mereka? Berikut yang dilansir pmjnews.com dari beberapa informasi yang ada.

Dian Sastrowardoyo. (Foto : PMJ/IG Dian Sastro).

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu artis yang memiliki darah pejuang atau pahlawan. Ia merupakan cucu keponakan Sunario Sastrowardoyo, tokoh yang dikenal berperan aktif dalam tonggak sejarah nasional. Ia berperan langsung dalam Manifesto dan Kongres Pemuda II. Sunario juga sempat menjabat sebagai pengurus dalam Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Asri Welas. (Foto : PMJ/IG Asri Welas).

2. Asri Welas

Asri Welas ternyata memiliki darah pejuang yang mengalir dalam dirinya. Ia merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro seorang pahlawan nasional yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode tahun 1925 hingga 1930 melawan Pemerintah Hindia Belanda.

Maia Estianty. (Foto ;PMJ/IG Maia Estianty).

3. Maia Estianty

Maia Estianty juga merupakan keturunan pahlawan. Ibu tiga anak tersebut adalah salah satu cicit dari pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam (SI). Di bawah didikannya, terlahir para tokoh besar seperti antara lain Soekarno, Semaun, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo.

Karina Salim. (Foto: PMJ/IG Karina Salim).

4. Karina Salim

Aktris sekaligus balerina Kalina Salim merupakan cucu dari pahlawan nasional H. Agus Salim. Ia dikenal sebagai pejuang kemerdekaan yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia di era Soekarno.(Gtg-03)

BERITA TERKAIT