test

Kesehatan

Minggu, 4 Juni 2023 13:39 WIB

Jarang Disadari, Ini Bahaya Kebiasaan Duduk Menyilangkan Kaki

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah ahli kesehatan dan terapi mengungkap lima risiko berbahaya dari kebiasaan duduk menyilangkan kaki. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Tidak sedikit orang yang tanpa sadar suka duduk dalam posisi menyilangkan kaki, terutama para perempuan. Sejumlah ahli menyebut duduk dengan posisi seperti ini memiliki banyak efek negatif pada tubuh.

Seperti dilansir dari laman Best Life, Minggu (4/6/2023), sejumlah ahli kesehatan dan terapi mengungkap lima risiko berbahaya dari kebiasaan duduk menyilangkan kaki.

1. Hipertensi
Seorang dokter profesional di bidang anestesiologi dan manajemen nyeri intervensi, Sean Ormond menyebut menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sementara karena menyilangkan kaki dalam waktu lama dapat membatasi aliran darah.

"Saat seseorang menyilangkan kaki, darah harus melewati saluran yang lebih kecil dan pembuluh darah bisa menjadi padat, membuat darah lebih sulit untuk kembali ke jantung," jelas Sean Ormond.

2. Pembekuan Darah
Aliran darah yang terbatas dapat menyebabkan lebih banyak masalah dibandingkan sekadar hipertensi. Menurut seorang dokter spesialis yang bekerja sebagai ahli kesehatan untuk Invigor Medical, Leann Poston, ini juga bisa meningkatkan risiko pembekuan darah.

"Kontraksi otot membantu menggerakkan darah melalui sirkulasi vena," ucap Poston. Duduk diam, terutama dalam posisi terbatas, dapat memperlambat aliran darah, meningkatkan risiko pembekuan darah.

3. Nyeri Kronis
Duduk tegak saja kerap bisa menimbulkan masalah, apalagi duduk menyilangkan kaki. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung, leher, dan bahu.

"Posisi yang tidak seimbang dapat membuat otot dan ligamen di tulang belakang tegang, menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri kronis seiring waktu," tutur Ormond.

4. Masalah Pinggul
Seseorang juga mungkin mulai mengalami nyeri pinggul jika terus-menerus duduk dengan menyilangkan kaki, terutama jika menyilangkannya di lutut. Menurut Ormond, posisi ini bisa memberikan tekanan pada persendian pinggul.

"Jika dilakukan secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kondisi ortopedi tertentu, seperti nyeri pinggul atau displasia pinggul, terutama pada orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya," terang Ormond.

5. Kelumpuhan
Dalam skenario terburuk, duduk dengan menyilangkan kaki dapat membuat seseorang berisiko kehilangan kemampuan untuk menggerakkan kaki sama sekali.

Seorang dokter spesialis yang berbasis di Houston, Jared Heathman, menjelaskan bahwa sesuatu yang disebut "kelumpuhan kaki akibat menyilang" dapat terjadi ketika seseorang duduk dengan cara ini untuk jangka waktu yang lama.

Untungnya, kelumpuhan kaki akibat menyilang biasanya bersifat sementara. Tapi tetap saja, gejala dapat bertahan selama beberapa waktu. “Posisi dan jumlah tekanan pada saraf kemungkinan merupakan variabel yang berkontribusi," tukas Heathman.

BERITA TERKAIT