test

Kesehatan

Jumat, 2 Juni 2023 10:04 WIB

5 Manfaat Makan Jagung Bagi Kesehatan, Baik untuk Mata Hingga Cegah Anemia

Editor: Hadi Ismanto

Jagung ternyata memiliki nutrisi cukup melimpah sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase/PMJ News)

PMJ NEWS - Jagung menjadi salah satu jenis makanan yang bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan. Mulai dari direbus, dibakar, atau dicampurkan dengan makanan lain untuk dijadikan lauk atau camilan.

Dibalik rasanya yang sedikit manis sehingga mengenyangkan perut, ternyata kandungan nutrisi jagung cukup melimpah sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dirangkum redaksi dari berbagai sumber, Jumat (2/6/2023), berikut manfaat jagung apabila dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan
Mengutip Health, jagung dapat melancarkan pencernaan karena mengandung serat tidak larut. Mereka bermanfaat meningkatkan massa tinja dan mendorong limbah melalui sistem pencernaan.

Jagung juga baik dikonsumsi saat menjalankan program penurunan berat badan. Biji-bijian ini bersifat mengenyangkan dan dapat mengontrol nafsu makan.

2. Menurunkan Sejumlah Risiko Penyakit
Sebagai biji-bijian utuh, jagung dikategorikan makanan pelindung kesehatan tubuh. Termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, kanker kolorektal, diabetes tipe dua, dan obesitas.

Orang berusia 19-59 tahun dapat mengkonsumsi lima ons jagung setiap hari. Sementara yang berusia 60 tahun ke atas dapat mengkonsumsi empat setengah ons jagung setiap harinya.

3. Baik untuk Kesehatan Mata
Jagung kaya akan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid, senyawa antioksidan yang membantu melindungi mata. Ketiganya bersifat menurunkan risiko peradangan dan berbagai masalah terkait mata.

Ditemukan pula senyawa quercetin yang berpotensi menurunkan risiko penyakit alzheimer terkait usia. Serta menginduksi apoptosis untuk membunuh sel-sel penyebab kanker.

4. Bantu Mengontrol Diabetes
Dikutip dari Stylecraze, jagung dapat mengontrol diabetes karena membantu tekanan darah. Jagung turut melawan radikal bebas yang memicu peradangan jaringan dan proliferasi sel yang tidak diinginkan.

Sementara anthocyanin dan flavonoid dalam jagung dapat meningkatkan aliran darah dan melindungi sel pankreas. Juga meningkatkan sekresi, sensitivitas insulin dan mencegah gagal ginjal.

5. Mencegah Anemia
Kekurangan zat besi dapat menurunkan kadar hemoglobin dalam darah. Ini menyebabkan anemia dan beberapa masalah perkembangan pada anak.

Kondisi tersebut dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi jagung. Biji-bijian ini kaya akan zat besi yang mendukung peningkatan metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh.

BERITA TERKAIT