test

News

Rabu, 31 Mei 2023 21:01 WIB

Kapolres Bekasi Kota Ikuti Dialog Divhumas Polri Soal Kemerdekaan Pers

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani mengikuti Virtual Zoom Meeting Dialog Publik dengan tema 'Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis' yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, Rabu (31/05/ 2023).

Selain Kapolres, kegiatan ini juga dihadiri Kasie Humas Polres Kompol Erna Ruswing Andari serta sejumlah wartawan media elektronik, cetak dan online yang tergabung dalam IJTI, Pokja Polres, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dalam sambutannya, Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Moh Hendra Suhartiyono menyampaikan diskusi bertujuan untuk memberi jaminan terhadap kebebasan pers seperti perlindungan hukum. Pasalnya, kasus kekerasan terhadap jurnalis dikategorikan merisaukan.

"Berdasarkan data yang dihimpun aliansi jurnalis independen indonesia, jumlah kekerasan pertahun masih di atas 40 kasus. Ddimana sebagian besar terjadi saat jurnalis melakukan peliputan maupun setelah karya jurnalistiknya terbit," ungkap Hendra.

Menurut Hendra, saat ini terdapat tiga kekerasan terhadap pers di antaranya meningkatnya serangan digital terhadap jurnalis, kekerasan seksual terhadap jurnalis perempuan, serta maraknya kekerasan terhadap pers mahasiswa.

"Dialog publik ini untuk menegaskan penting jurnalisme dalam pematangan demokrasi dan mendapatkan gambaran terkait dinamika jurnalisme dalam perkembangan digital, serta menyosialisasikan hak perlindungan hukum atas jurnalis," terangnya.

Usai penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan dialog yang menghadirkan narasumber antara lain Totok Suryanto Anggota Dewan Pers periode 2022-2025 hingga Devie Rahmawaty.

BERITA TERKAIT