test

Kesehatan

Senin, 22 Mei 2023 10:04 WIB

Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Manfaat air rebusan daun pandan bagi kesehatan ini berasal dari senyawa yang dimilikinya. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Di indonesia, daun pandan sering digunakan sebagai penyedap kue. Namun, mungkin banyak yang belum tahu ada segudang manfaat air rebusan daun pandan bagi kesehatan.

Manfaat air rebusan daun pandan ini berasal dari senyawa yang dimilikinya. Mulai dari polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, dan alkaloid. Memiliki sifat antioksidan dan antihiperglikemik. Termasuk memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/5/2023), berikut manfaat air rebusan daun pandan bagi kesehatan.

1. Meredakan Demam
Demam termasuk gejala tubuh sedang melawan infeksi, dimana ada peningkatan suhu tubuh yang tentunya sangat mengkhawatirkan. Jika mengalami, cobalah manfaat air rebusan daun pandan untuk meredakan demam.

Siapkan daun pandan yang masih segar dan rebus daun panda, lalu minum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan dan menenangkan. Konsumsi secukupnya dan nikmati seperti ketika mengonsumsi teh hangat pada umumnya.

2. Diabetes
Diabetes memang sulit dikendalikan selain memerhatikan pola makan. Manfaat air rebusan daun pandan bisa membantu mengontrol gula darah tetap normal. Air rebusan daun pandan ini bisa dijadikan sebagai pengganti gulanya.

Air rebusan daun pandan akan membuat rasa minuman lebih segar dan gurih. Jika dikonsumsi dalam keadaan hangat, dapat membuat kondisi perut lebih baik.

3. Menstabilkan Tekanan Darah
Air rebusan daun pandan dipercaya mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Menurut penelitian, ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.

4. Bantu Atasi Insomnia
Memperbaiki kualitas tidur tak hanya dengan mengurangi kebiasaan buruk. Cobalah konsumsi minuman yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiran. Seperti yang bisa didapat dari manfaat air rebusan daun pandan.

Air rebusan daun pandan cocok dikonsumsi penderita insomnia. Mengonsumsinya bisa menenangkan, mudah tidur, dan nyenyak. Seduh daun pandan dengan air panas. Campurkan dengan satu sendok teh madu, lalu konsumsi selagi masih hangat.

5. Meningkatkan Stamina
Manfaat air rebusan daun pandan bisa membantu meningkatkan stamina. Menjaga agar tubuh selalu fit dan betenaga sepanjang hari. Cara membuatnya, cukup rebus hingga mendidih lima lembar daun pandan ke dalam tiga gelas air.

Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tambahkan air lemon, lalu minum setiap dua hari sekali.

BERITA TERKAIT