test

News

Selasa, 18 April 2023 06:03 WIB

Kakorlantas: Kelelahan Fisik Saat Mengemudi Bisa Sebabkan Kecelakaan Lalin

Editor: Ferro Maulana

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan patroli pantauan udara untuk mengecek kesiapan Operasi Lilin 2022. (Foto: PMJ News/NTMC Polri)

PMJ NEWS -  Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan kelelahan fisik ketika mengemudi dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Di samping itu, berkendara di malam hari merupakan salah satu faktor lainnya. Karena itu, Firman mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk menjaga dan memperhatikan kondisi fisik.

"Bila berasumsi berangkat dari Jakarta, apalagi dari Sumatera, umpamanya, makin mendekat ke arah Timur itu tingkat kelemahan makin tinggi," terang Firman di Jakarta, Senin (17/4/2023). 

Lalu, solusi agar stamina tetap fit selama berkendaraan jarak jauh, lanjut Firman, yaitu dengan beristirahat, tidak memaksakan diri mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Adapun dalam berkendara tersebut, menurutnya, pengemudi bermain dengan hitungan detik, di mana kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Antara lain, kecepatan kendaraan 36 km/jam, dalam setiap detik menempuh 10 meter.

Bila seorang pengemudi tiba-tiba kehilangan kesadaran, hanya dalam hitungan detik dapat terjadi kesalahan dalam mengemudi, entah mobil berhenti tiba-tiba, atau pengemudi lain masuk lajur secara tiba-tiba dan sebagainya.

 

BERITA TERKAIT