test

Kesehatan

Jumat, 14 April 2023 10:04 WIB

Enak Buat Buka Puasa, Ini Lima Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Buah kurma mengandung serat, besi, hingga kalium yang memiliki manfaat untuk kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Saat berbuka puasa umat Islam dianjurkan untuk mengonsumsi kurma sebagai takjil. Buah ini mengandung serat, besi, hingga kalium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Taste of Home, Jumat (14/4/2023), berikut sejumlah alasan terbaik untuk menambahkan kurma dalam menu buka puasa Anda.

1. Meningkatkan Energi
Saat puasa mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam kita tentu akan terasa lemas. Itu mengapa penting bagi Anda untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.

Pasalnya jika Anda membutuhkan ledakan energi yang cepat usai seharian berpuasa, alih-alih minum kopi kedua, makanlah sebutir hingga tiga butir kurma. Dalam seketika kurma akan mengembalikan energi Anda.

2. Memperkuat Tulang
Kebanyakan orang tahu bahwa mendapatkan cukup sinar matahari dan makanan dengan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, ditambah adanya kombinasi mineral seperti magnesium dan tembaga yang dikemas dalam kurma.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kurma mengandung potasium tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda dalam kondisi prima. Itu mengapa Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kurma secara rutin bahkan seusai bulan Ramadhan sekalipun.

4. Mengurangi Peradangan
Magnesium adalah mineral yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya, dan Anda pasti bisa mendapatkannya dari kurma.

Sebuah studi dengan lebih dari 3.700 peserta menunjukkan bahwa diet kaya magnesium dikaitkan dengan konsentrasi penanda peradangan yang lebih rendah pada wanita pasca menopause.

5. Mengatasi Anemia
Jika Anda kekurangan zat besi, kurma adalah cara yang bagus untuk membantu Anda kembali ke jalur semula. Satu porsi mengandung sekitar 1 mg mineral yang diperlukan.

BERITA TERKAIT