test

News

Kamis, 13 April 2023 07:07 WIB

Ramadhan, KAI Bagikan 15 Ribu Paket Takjil di Gambir dan Pasar Senen

Editor: Ferro Maulana

Jajaran KAI Daop 1 Jakarta bagikan takjil. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Selain memberikan berbagai macam program diskon dan penambahan fasilitas pelayanan penumpang di stasiun, PT KAI Daop 1 Jakarta dalam rangka meningkatkan pelayanan penumpang kereta api khususnya pada masa Angkutan Lebaran, juga menyediakan takjil berupa makanan dan minuman secara cuma-Cuma. Hal ini guna memberikan kemudahan dan rasa nyaman kepada penumpang antar kota pada waktu berbuka puasa.

“Total sebanyak 15.500 paket takjil berisi 1 buah roti,, qurma dan air mineral akan dibagikan secara cuma-cuma di Stasiun dengan alokasi 7000 paket di Stasiun Gambir dan 8.500 paket di Stasiun Pasar Senen. Adapun pembagian takjil gratis ini akan berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 12 s.d 21 April 2023,” jelas Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada PMJ News, Kamis (13/5/2023).

Sementara itu, selama masa angkutan lebaran di area KAI Daop 1 Jakarta akan terdapat 1513 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi terhitung mulai tanggal 12 April s.d 3 Mei 2023. Jumlah tersebut sudah termasuk operasional perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA untuk masa angkutan lebaran 2023.

Dari pantauan volume penumpang KAJJ pada Rabu 12 April 2023 untuk keberangkatan dari stasiun Gambir dan PasarSenen terlihat jumlah penumpang masih normal dimana sekitar 6.900 penumpang berangkat dari Stasiun PasarSenen dan 3.800 penumpang dari Stasiun Gambir

Sedangkan, berdasarkan data Rabu 12 April 2023 sekitar 500 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 s.d H1 lebaran atau 17 s.d 22 April 2023. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 89 hingga 98 persen, dengan data sebagai berikut:

- Tanggal 17 April 2023 terjual = 36.500 tiket, okupansi 89 %

- Tanggal 18 April 2023 terjual = 36.800 tiket, okupansi 90 %

- Tanggal 19 April 2023 terjual = 40.100 tiket, okupansi 98%

-Tanggal 20 April 2023 terjual = 39.200 tiket, okupansi 96%

- Tanggal 21 April 2023 terjual = 41.600 tiket, okupansi 99 %

- Tanggal 22 April 2023 terjual = 38.200 tiket, okupansi 93%

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Pemesanan tiket angkutan lebaran sdh dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain melakukan persiapan melalui keandalan sarana dan peningkatan jumlah perjalanan melalui KA Tambahan, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu dan area bermain anak. Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut  yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

  1. Usia 18 tahun ke atas:
  2. a) Wajib vaksin ketiga (booster)
  3. b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
  4. b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  5. Usia 6-12 tahun:
  6. a) Wajib vaksin kedua
  7. b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  8. c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan.
  9. Usia 13-17 tahun:
  10. a) Wajib vaksin kedua
  11. b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  12. c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  13. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

BERITA TERKAIT