test

Kesehatan

Minggu, 6 Oktober 2019 18:50 WIB

15 Ribu Santri Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan Kesehatan dari Budha Tzu Chi

Editor: Redaksi

Baksos kesehatan dari tim dokter serta relawan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia. (Foto: PMJ News/ FER).

PMJ – 15 ribu santri memadati lapangan Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School, Parung, Bogor, Jawa Barat. Para santriawan dan santriawati begitu bersemangat menyambut bakti sosial (baksos) kesehatan dari tim dokter serta relawan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia.

Kegiatan baksos kesehatan ini berjalan tertib, di mana 21 dokter dari Budha Tzu Chi memeriksa kesehatan para santri. Terdapat tim dari poli umum, kesehatan gigi, dan dokter spesialis kulit. Selain pemeriksaan kesehatan gratis, tim dokter Budha Tzu Chi juga memberikan penyuluhan berupa pola hidup sehat kepada siswa Ponpes.

Budha Tzu Chi
Santri di Ponpes Nurul Iman begitu antusias antri pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim dokter Budha Tzu Chi. (Foto: PMJ News/ FER).

Ketua tim relawan kesehatan Ponpes Nurul Iman, Nauval Habibie, mengaku sangat bersyukur dengan hadirnya bantuan pemeriksaan medis serta penyuluhan kesehatan dari Yayasan Budha Tzu Chi. Bahkan, teman-temannya sudah datang lebih awal yaitu sejak pukul 05.00 Subuh WIB.

“Alhamdulilah, kita kedatangan Yayasan Budha Tzu Chi ini adalah untuk membantu di bidang kesehatan. Budha Tzu Cbhi bergerak di bidang kesehatannya untuk memeriksakan seluruh santri. Setidaknya memperingan tugas kita di bidang kesehatan. Karena, banyak santri yang sakit-sakit, meskipun itu sakit ringan,” tutur Nauval kepada PMJ News, di Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School, Parung, Bogor, Jawa Barat, Minggu (06/10/2019).

Budha Tzu Chi
Ketua tim relawan kesehatan Ponpes Nurul Iman, Nauval Habibie. (Foto: PMJ News/ FER)

Setahun yang lalu, Nouval sendiri pernah berobat di Poli Umum oleh dokter dari Budha Tzu Chi. Ia bersama ribuan santri berterima kasih atas bantuan kesehatan yang diberikan. “Alhamdulilah saat itu, kita mendapatkan bantuan pelayanan serta obat secara cuma-cuma,” ujarnya mengenang.

Saat ini, Nouval bersama tim relawan Ponpes Nurul Iman sudah tiga tahun terlibat dalam baksos kesehatan Budha Tzu Chi Indonesia. “Kita segenap relawan bersama tim Palang Merah Indonesia (PMI) juga membantu kegiatan ini. Keterlibatan saya sendiri, Alhamdulilah sudah selama tiga tahun,” sambungnya.

Setelah mendapatkan pengetahuan tentang pola hidup sehat dari dokter spesialis kulit Budha Tzu Chi, Nouval berusaha santri di Ponpes Nurul Iman mendapatkan BPJS Kesehatan. “Kita bekerja keras agar santri dapat memiliki BPJS. Serta untuk mendapatkan pelayanan-pelayanan dari rumah sakit sekitar,” tutur satri berprestasi yang bercita-cita ingin menjadi dokter ini. (FER).

BERITA TERKAIT