test

Kesehatan

Kamis, 10 Oktober 2019 07:07 WIB

Ini Dampak dari Kurang Tidur Minimal 8 Jam Bagi Remaja

Editor: Redaksi

Dampak dari kurang tidur. (Foto: Dok Net)

PMJ – Menurut sebuah studi oleh American Academy of Pediatrics (AAP) di tahun 2018, 73 persen remaja di Amerika Serikat (AS) mengalami kurang tidur. Berikut adalah konsekuensi kurangnya tidur 8-10 jam untuk remaja yang perlu diketahui.

Dampak dari kurang tidur untuk remaja bukanlah hanya hal-hal simpel seperti tidak dapat fokus di sekolah saja, namun juga dapat menjadi sangat berbahaya untuknya dan orang di sekitarnya.

Remaja yang kurang waktu tidurnya dapat mengalami peningkatan kemurungan, ketidaktertarikan ke hal-hal yang ia sukai, hingga gejala-gejala seperti pasien dengan penyakit mental depresi.

Menurut Dr. Cora Breuner dari AAP, kasus ekstrim dari kurang tidur bahkan tidak hanya di nilai sekolah yang turun, namun juga kecelakaan di jalan, agresivitas ke orang lain, hingga pikiran untuk menyakiti diri sendiri.

Terpisah, seorang perawat dari “Mama Coach” yang juga mengelola sebuah tim dari 35 perawat lainnya menjelaskan mengapa hal tersebut berbahaya, dan bagaimana orang tua dapat membantu mengatur pola tidur anak.

"Remaja bisa murung bahkan ketika mereka tidak kurang tidur. Mereka mengalami perubahan hormon besar yang bisa terasa sulit untuk dikelola dan normal." kata Carrie Bruno.

Bruno menjelaskan, orang tua harus mengetahui kegiatan sehari-hari anak, dan memotong aktivitas yang tidak terlalu penting sehingga remaja tersebut dapat melakukan kewajiban dan tetap mendapatkan tidur yang cukup. (DEW)

BERITA TERKAIT