test

Kesehatan

Sabtu, 1 April 2023 22:01 WIB

Ahli: Makan dan Minum Banyak Saat Berbuka Puasa Membahayakan Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Makan berlebihan saat Lebaran dapat membahayakan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Tidak sedikit orang merasa kalap saat buka puasa setelah menahan lapar dan haus seharian. Mereka mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah banyak sekaligus.

Kebiasaan buruk tersebut tidak disarankan oleh para ahli kesehatan. Idealnya, buka puasa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis untuk memulihkan tenaga dalam porsi secukupnya.

Seorang ahli gizi klinis di Rumah Sakit Burjeel, Archana Baju mengatakan setelah puasa metabolisme tubuh akan melambat. Sehingga saat buka puasa, penting untuk makan dan minum secara perlahan agar bisa membantu pencernaan.

"Yang jelas setelah puasa ada kecenderungan untuk berpesta dan sering kita makan makanan padat kalori yang sarat dengan gula dan lemak," ungkap Archana Baju seperti dilansir dari laman Alarabiya, Sabtu (1/4/2023).

"(Apalagi) makan berlebihan setelah puasa memperlambat pencernaan dan dapat menyebabkan kesulitan pencernaan seperti gangguan pencernaan, kembung dan diare dan sering berakhir dengan kunjungan ke dokter," imbuhnya.

Dia menambahkan, saat puasa banyak pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan gastritis atau radang lambung dan gastroenteritis, yang sering dikenal sebagai flu perut.

Hal ini merupakan kondisi infeksi lambung dan usus secara bersamaan yang mengakibatkan muntah atau diare.

BERITA TERKAIT