Kesehatan

Senin, 28 Oktober 2019 08:01 WIB

Selangkah Lebih Dekat Dalam Pembuatan Obat Flu Universal

Editor: Redaksi

Pria yang menderita sakit flu. (Foto: Dok Net)

PMJ – Sebuah studi yang dipublikasikan di dalam The Lancet Infectious Diseases mensugestikan bahwa peneliti mungkin selangkah lebih dekat ke pembuatan obat flu yang universal.

Meskipun kita sudah memiliki obat dan vaksin yang mencegah influenza, ilmuwan telah bekerja keras untuk membuat vaksin yang menyerang jenis flu tertentu karena penyebabnya juga berbeda-beda.

Dua virus flu influenza A dan B bertanggung jawab atas flu yang menyebabkan sekitar 9,3 juta dan 49 juta kasus penyakit setiap tahun sejak 2010 bahkan di Amerika Serikat (AS) saja.

Karena terdapat jenis virus yang berbeda-beda dan subtipe yang juga bervariasi, dokter harus memberikan vaksin yang tepat setiap kali, yang artinya belum ada “vaksin universal” untuk flu secara efektif.

Sementara itu, Prof Peter Palese dan Prof Florian Krammer memimpin para peneliti yang mencari tahu mengenai hemagglutin, yang merupakan protein di permukaan virus flu dan mengarahkannya ke sel inang untuk menyebabkan infeksi.

Atas dasar karakteristik dua komponen “kepala” dan “tangkai” hemagglutinin, para penliti memutuskan untuk mencoba mengembangkan menargetkan tangkai hemagglutin yang kurang bervariasi dibandingkan kepala dari protein jahat tersebut.

Untuk tujuan ini, mereka bekerja dengan varian protein yang disebut "chimeric hemagglutinin" (cHA).

"Mengejutkan ketika menemukan bahwa formulasi yang tidak aktif dengan adjuvant menginduksi respon anti-tangkai yang sangat kuat setelah prime, menunjukkan bahwa satu vaksinasi mungkin cukup untuk menginduksi perlindungan terhadap virus pandemi influenza yang belum muncul," demikian kata Prof Krammer.

"Hasilnya menunjukkan bahwa kita sedang bergerak menuju vaksin virus influenza universal, tetapi ini masih hasil sementara. Hasil tambahan akan tersedia setelah selesainya studi pada akhir 2019,” katanya lagi melanjutkan. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT