test

Kesehatan

Senin, 27 Maret 2023 10:04 WIB

Wajib Coba, Lima Makanan Ini Bisa Penuhi Energi untuk Jalani Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Dari segi ilmiah, berpuasa di Bulan Ramadhanjuga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Berpuasa sebulan penuh selama bulan suci Ramadhan tak hanya memberikan manfaat secara spiritual. Ibadah wajib bagi umat Islam ini ternyata bermanfaat secara fisik dan mental.

Selama berpuasa, tentunya seseorang membutuhkan banyak energi agar tetap kuat menjalani aktivitas tanpa makan dan minum. Kurangnya energi bisa membuat tubuh mudah lelah dan tidak produktif, atau bahkan membuatmu sakit.

Kebutuhan energi tersebut, salah satunya diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Seperti dilansir dari laman Alarabiya News, Senin (27/3/2023), berikut lima makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur.

1. Kurma
Kurma secara tradisional dikonsumsi untuk berbuka puasa karena merupakan sumber energi, serat, dan mineral penting seperti potasium, magnesium, dan zat besi yang sangat baik.

Kurma juga mengandung gula sederhana yang memberikan energi cepat ke tubuh.

2. Biji-bijian Utuh
Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, yang memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari.

Biji-bijian utuh juga mengandung serat, yang memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio tinggi protein, lemak sehat, dan serat, menjadikannya camilan yang ideal untuk energi berkelanjutan.

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti magnesium, yang membantu mengatur kadar gula darah.

4. Ayam dan Ikan
Protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan tahu kaya akan asam amino. Protein itu pun penting untuk menjaga massa otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Protein seperti daging ayam dan ikan pun mampu menyediakan energi berkelanjutan sepanjang hari selama berpuasa.

5. Bayam
Sayuran seperti bayam kaya akan karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral penting. Sayuran seperti bayam pun menjadikannya makanan ideal untuk energi berkelanjutan.

BERITA TERKAIT