test

Kesehatan

Rabu, 13 November 2019 07:07 WIB

Peneliti Jelaskan Mengapa Seseorang Tidak Suka Sayuran

Editor: Ferro Maulana

Anak yang tidak suka sayuran. (Foto: Dok Net).

PMJ – Apabila kamu tidak suka sayuran tertentu, para peneliti dari Unveristas Kentucky mengatakan hal tersebut mungkin dikarenakan faktor genetik yang menyebabkan beberapa makanan rasanya sangat pahit.

Para peneliti tersebut percaya bahwa faktor gen tertentu membuat senyawa dalam beberapa sayuran terasa pahit bagi sebagian orang, yang membuat mereka menghindari sayuran bergizi seperti brokoli dan kubis.

Menurut salah satu penulis Jennifer L. Smith, beberapa orang-orang tertentu juga dapat mungkin memiliki kepekaan yang serupa dengan cokelat hitam dan kopi.

Namun, sensitivitas organ pengecap manusia juga dapat berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga bahkan sayuran yang paling tidak disukai pun bisa menjadi enak di kemudian hari.

Untuk penelitian ini, peneliti selama 3 tahun melakukan analisis data sekunder menggunakan sampel dari penelitian sebelumnya yang menyelidiki interaksi gen pada orang yang berisiko penyakit kardiovaskular dan menganalisis kuesioner frekuensi makanan dari 175 orang.

"Asosiasi ini dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk mengubah diet mereka untuk memenuhi pola makan yang sehat untuk jantung," kata Smith.

Namun demikian, Smith mengatakan masih banyak penelitian yang perlu dilakukan tentang cara terbaik untuk mendorong orang makan sayuran.

“Kami berharap kami dapat menggunakan informasi genetik untuk mencari tahu sayuran mana yang mungkin lebih bisa diterima orang dan untuk mengetahui bumbu apa yang menarik bagi supertaster (yang memiliki kepekaan terhadap rasa yang tinggi) sehingga kami dapat membuatnya lebih mudah untuk memakan lebih banyak sayuran,” paparnya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT