Kesehatan

Kamis, 28 November 2019 09:03 WIB

Apa Hubungan Kacang dengan Kesehatan Jantung? Ini Penjelasan Peneliti

Editor: Ferro Maulana

Makanan kacang. (Foto: Dok Net)

PMJ – Para penulis penelitian dari ulasan jurnal kesehatan di Oxford Academic, Advances in Nutrtition mencoba mencari tahu hubungan kacang-kacangan terhadap kesehatan jantung. Berikut temuan mereka.

Para peneliti tersebut memfokuskan ulasannya pada resiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan angka kematian/mortalitas akibat CVD. CVD termasuk penyakit jantung koroner, infark miokard, dan stroke.

Dalam penelitian tersebut, konsumsi polong-polongan termasuk kacang-kacangan juga ikut dikatikan dengan risiko diabetes, hipertensi, dan obesitas dengan membandingkan orang-orang sesuai seberapa banyak asupan terendah dan tertingginya.

Mereka menemukan bahwa “diet kacang-kacangan dengan atau tanpa polong-polongan lainnya dikaitkan dengan penurunan CVD 8%, 10%, 9%, dan 13%, [penyakit jantung koroner], hipertensi, dan kejadian obesitas, masing-masing."

Namun, mereka juga menggarisbawahi bahwa penemuan tersebut tidak menghubungkan asupan polong-polongan dan kejadian infark miokard, diabetes, stroke, maupun penyakit jantung koroner CVD.

Meskipun tim mengidentifikasi hubungan positif antara mengonsumsi jumlah kacang-kacangan yang lebih tinggi dan pengurangan risiko parameter kardiovaskular tertentu, kesimpulan penulis masih relatif diredam.

"Kepastian keseluruhan bukti dinilai 'rendah' untuk kejadian CVD dan 'sangat rendah' untuk semua hasil lainnya." tulis para peneliti di ulasannya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT