test

Kesehatan

Selasa, 21 Maret 2023 10:04 WIB

Selain Wajib Bagi Umat Muslim, Ini Lima Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Editor: Hadi Ismanto

Tanpa disadari berpuasa ternyata bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Saat berpuasa umat muslim wajib tidak makan, minum dan melakukan hal yang membatalkan puasa. Tanpa disadari berpuasa ternyata bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/3/2023), berikut lima manfaat berpuasa bagi kesehatan.

1. Mendetoksifikasi Tubuh
Selain bagus untuk membersihkan diri secara spiritual, Ramadan bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis untuk tubuh Anda. Puasa bisa mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda sepanjang bulan.

2. Menurunkan Berat Badan
Puasa Ramadan dapat membantu menurunkan berat badan karena dalam keadaan berpuasa, tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Puasa Ramadan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Puasa Ramadan dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dengan memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan dan mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

5. Baik untuk Kesehatan Ginjal
Makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari tidak hanya mengandung nutrisi akan tetapi juga membawa racun untuk tubuh.

Dalam hal ini, ginjal akan berperan untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi jika bekerja terlalu keras, ginjal juga akan kelelahan sehingga bisa mendatangkan masalah untuk kesehatan tubuh.

BERITA TERKAIT