test

Kesehatan

Selasa, 10 Desember 2019 09:03 WIB

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Editor: Redaksi

Wilayah Jakarta diguyur hujan lebat, sejumlah tempat tergenang air (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Memasuki akhir tahun, hampir seluruh wilayah di Indonesia biasanya diguyur hujan. Kondisi seperti ini, mau tidak mau harus kita hadapi, musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Untuk menghindarinya, kamu harus selalu sediakan payung bila keluar rumah. Dengan payung, Anda tak perlu takut kebasahan jika hujan turun. Payung menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan diri di musim hujan.

Disamping itu untuk mencegah terserang penyakit di musim hujan, berikut tiga cara sederhana yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seringkali orang mengabaikan konsumsi terhadap air putih terutama saat musim penghujan. Udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu seringkali kamu melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup.

Selain itu, pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila kamu bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, ubah menjadi teh tawar hangat atau air.

2. Rajin mencuci tangan

Janganlah malas untuk mencuci tangan. Ini agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit. Umumnya, di musim hujan, kurangnya kesadaran mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri dapat mengakibatkan batuk, pilek, flu, diare, dan muntah-muntah.

Pastikan Anda menggunakan sabun saat mencuci tangan dan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir. Keringkan menggunakan handuk bersih agar terjaga dari kotoran lain yang mungkin menempel.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat salah satu langkah paling sederhana mencegah diri dari penyakit. Ini dapat dilakukan dengan menyantap menu yang kaya vitamin dan mineral.

Anda juga dapat mengutamakan makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan penyakit seperti flu dan infeksi.

4. Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih.

Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

5. Kenakan Pakaian Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan.

Jadi ada baiknya kamu beralih ke pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.(Hdi)

BERITA TERKAIT