test

Kesehatan

Kamis, 16 Maret 2023 10:04 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Penelitian mengungkapkan susu kambing Etawa memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: |Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Sejumlah penelitian mengungkapkan susu kambing Etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral seperti fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Bahkan susu ini diklaim memiliki manfaat setara dengan ASI.

Dengan melihat kandungan nutrisi yang sangat beragam dan komplit, tidak mengherankan jika manfaat susu kambing etawa juga terbilang banyak bagi kesehatan tubuh.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian dan sumber lainnya, Kamis (16/3/2023), berikut lima manfaat susu kambing Etawa bagi kesehatan.

1. Menjaga Sistem Pencernaan
Susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Susu ini memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan menekan rasa lapar secara efektif sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

2. Menyembuhkan Penyakit TBC dan Asma
Susu kambing etawa ternyata dapat digunakan sebagai obat untuk menyembukan penyakit TBC dan Asma, karena mengandung Flourin dan Betakasein. Selain itu, susu ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan pernapasan.

3. Mencegah Osteoporosis
Meskipun orang mengkonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah osteoporosis, ada baiknya Anda juga mencoba susu kambing etawa karena susu kambing etawa sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

4. Mencegah Anemia
Susu kambing kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Tubuh kita dengan mudah mencerna dan menyerap mineral tersebut. Hasilnya, susu ini membantu mengatasi kekurangan nutrisi seperti demineralisasi tulang.

5. Membantu Meredakan Kecemasan
Studi pada tikus menunjukkan bahwa asam linoleat terkonjugasi dalam susu kambing dapat mempengaruhi perkembangan otak (dan perkembangan fisik. Dalam penelitian tersebut, pemberian susu kambing juga ditemukan dapat mengurangi kecemasan.

BERITA TERKAIT