test

Kesehatan

Sabtu, 4 Maret 2023 13:50 WIB

Lembut dan Segar, Ini Lima Manfaat Cincau Hitam Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Selain menyegarkan, cincau hitam ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Cincau hitam biasa diolah menjadi minuman yang menyegarkan dengan menambahkan gula, susu, dan es. Selain rasanya yang menyegarkan, cincau hitam ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Cincau hitam mengandung beberapa nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral. Manfaat cincau hitam membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Bahkan cincau hitam juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, natrium, dan kalium. Kalsium dan fosfor dalam cincau hitam membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/3/2023), berikut manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan cara yang tepat.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Cincau hitam mengandung serat larut yang tinggi, sehingga manfaat cincau hitam dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga dapat membantu mengikat kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Cincau hitam mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat jantung. Makanan ini juga mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Turunkan Risiko Diabetes
Cincau hitam mengandung senyawa antidiabetik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Manfaat cincau hitam dari senyawa ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat cincau hitam juga dapat memelihara kesehatan tulang. Cincau hitam mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kedua mineral tersebut membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Gigi
Kandungan kalsium dalam cincau hitam juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi. Selain itu, cincau hitam juga mengandung zat-zat antibakteri yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada gigi dan gusi.

BERITA TERKAIT