test

Fokus

Minggu, 22 Januari 2023 11:04 WIB

Serba Serbi dan Kesiapan Polri Amankan Perayaan Imlek 2023

Editor: Hadi Ismanto

Lipsus Serba Serbi dan Kesiapan Polri Amankan Perayaan Imlek 2023. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Bertepatan dengan tanggal 22 Januari 2023, hari ini seluruh orang keturunan China merayakan Tahun Baru China 2537 Kongzili atau Hari Raya Imlek. Momen ini selalu dirayakan dengan semarak, tak terkecuali di Indonesia.

Selama perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa merayakannya dengan sembahyang Imlek dan perayaan Cap Go Meh yang bertujuan sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun depan mendapatkan rezeki lebih banyak.

Selain itu, biasanya momen perayaan pergantian tahun berdasar sistem lunisolar ini juga menjadi sarana silaturahmi, bagi-bagi angpau untuk kerabat dan tetangga, serta menjamu para leluhur mereka.

Di Indonesia sendiri, masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia baru kembali mendapatkan kebebasan merayakan tahun baru Imlek pada tahun 2000. Saat itu, Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Inpres Nomor 14/1967.

Kemudian Presiden Megawati Soekarnoputri menindaklanjutinya dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2002 tertanggal 9 April 2002 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur nasional.

Polri Siapkan Pengamanan Perayaan Imlek

Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (Foto: PMJ News)
Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (Foto: PMJ News)

Seperti hari besar lainnya, Polri telah menyiapkan pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2537 Kongzili yang akan diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan setiap Polda akan menempatkan personel di tempat keramaian, tempat ibadah, wisata serta pengamanan arus lalu lintas.

"Mabes Polri sudah memberikan arahan kepada Polda jajaran dalam penyelenggaraan pengamanan Imlek tahun 2023," ungkap Agung Setya dalam keterangannya, Jumat (20/1/2023).

Agung menambahkan, pengamanan perayaan Imlek dilakukan secara rutin dan diselenggarakan di semua tingkatan. Namun, pengamanan ini membutuhkan kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat agar selalu berhati-hati dan menaati peraturan.

Imbauan Polri Saat Perayaan Imlek

Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong di Bekasi. (Foto:PMJ News/Yeni)
Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong di Bekasi. (Foto:PMJ News/Yeni)

Untuk memastikan kegiatan perayaaan imlek berlangsung aman dan lancar, Polri menerjunkan personil pengamanan agar berjalan dengan lancar dan aman tanpa adanya gangguan kamtibmas.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyebut perayaan Imlek diiringi dengan adanya libur pada tanggal 21, 22 dan 23 Januari 2023.

Bagi masyarakat yang menjalankan aktivitas liburan, Agung mengimbau agar masyarakat mempersiapkannya dengan baik. Terpenting harus tetap mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara.

Selain itu, Asops Kapolri juga mengimbau agar masyarakat terus mengikuti perkembangan cuaca dan daerah bencana dari BMKG dan BNPB, serta mencatat nomor penting seperti bantuan polisi di 110.

"Sabar dan tidak emosional di sepanjang jalan, tidak membuka HP selama mengemudi," ucap Agung.

Kapolda Metro Pastikan Perayaan Imlek Aman

Menjelang perayaan ibadah tahun baru Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau Vihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Sabtu (21/1/2023). Fadil memastikan perayaan ibadah Imlek berjalan aman lancar.

"Ya kita amankan supaya kegiatan sembahyang tahun baru Imlek bisa berjalan dengan lancar," ujar Fadil dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu (22/1/2023).

"Ini juga salah satu kegiatan bagi saya untuk memastikan bahwa sembahyang menyambut Imlek bisa berlangsung dengan baik," sambungnya

Fadil mengatakan, salah satu cara menjaga perayaan lancar dengan melakukan sterilisasi di sejumlah vihara dengan menurunkan tim Penjinak Bom. Selain itu, kepolisian juga akan mengawal seluruh rangkaian perayaan tahun baru Imlek hingga selesai.

"Kalau yang seperti vihara besar-besar kita lakukan sterilisasi. Kalau yang tradisional kita lakukan pengamatan secara manual saja," jelasnya.

Amankan Perayaan Imlek, Polda Metro Terjunkan 4.550 Personel

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: PMJ News/ Fjr)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: PMJ News/ Fjr)

Polda Metro Jaya bersama dengan pihak terkait lainnya siap mengamankan kegiatan hari raya Imlek yang akan dilaksanakan besok Minggu (22/1/2023).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, total personel gabungan wilayah hukum Polda Metro yang akan diturunkan untuk pengamanan Imlek sebanyak 4.550 personel.

“Kekuatan pengamanan personil, kita melakukan pengamanan menggelar 4.550 personel,” ujar Trunoyudo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/1/2023).

Total personel gabungan tersebut terdiri dari 1.403 personel Polda Metro Jaya, 1.513 personel Polres di wilayah hukum Polda Metro, 343 personel TNI, serta dari pemerintah daerah dengan 1.291 orang.

Trunoyudo menambahkan, seluruh personel tersebut diturunkan untuk pengamanan tempat dan objek vital, termasuk sejumlah Vihara yang akan digunakan untuk kegiatan Imlek.

"Ada 255 titik jumlah Vihara. Namun dalam hal ini ada beberapa yang melakukan aktivitas. Ini yang nantinya akan menjadi prioritas untuk pengamanan oleh Polda Metro Jaya dengan jajaran Polres Polda Metro Jaya,” tandasnya.

Cegah Macet saat Perayaan Imlek, Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalin

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (Foto: PMJ News/ Fjr)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (Foto: PMJ News/ Fjr)

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan personelnya untuk mengawal sejumlah titik lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro menjelang dan saat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili atau 2023 Masehi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, personel Ditlantas nantinya akan melakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan.

“Kita akan menyiapkan anggota untuk melakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan,” ujar Latif saat dihubungi, Sabtu (21/1/2023).

Latif menuturkan, penerapan rekayasa lalu lintas diberlakukan sesuai dengan kebijakan masing-masing wilayah yang bersifat situasional dengan keadaan nantinya.

Selain titik rawan kemacetan, personel Ditlantas juga akan menyiapkan tim patroli untuk mengurai kemacetan jika terjadi di jalan tol atau pun jalan arteri.

Juga dengan di beberapa titik akses menuju objek-objek wisata yang berada di dalam dan sekitar wilayah Jakarta yang juga mendapat perhatian petugas perihal arus lalu lintas nantinya.

"Kita gelar anggota di jalan tol dan jalur alteri serta digerakan patroli di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak," ucap Latif.

Car Free Day Ditiadakan Saat Perayaan Imlek

Tahun baru Imlek, Dishub DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day. (Foto: PMJ News/Instagram @dishubdkijakarta)
Tahun baru Imlek, Dishub DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day. (Foto: PMJ News/Instagram @dishubdkijakarta)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada Minggu (22/1/2022).

Alasan peniadaan CFD yaitu bertepatan dengan Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

"Sehubungan dengan Perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2022/ 2574 Kongzili, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Minggu (22/01/2023) DITIADAKAN," demikian tulis laman Instagram @dishubdkijakarta dikutip, Jumat (20/1/2023).

Dishub DKI melanjutkan, untuk CFD pekan depan belum diketahui dibuka atau tidak. Namun, pihaknya meminta agar masyarakat memantau informasi dari Instagram @dishubdkijakarta terbaru seputar pelaksanaan HBKB.

"Catat tanggalnya dan pantau terus instagram @dishubdkijakarta untuk mendapatkan informasi terkini seputar pelaksanaan HBKB, ya," tulisnya.

Untuk diketahui, terakhir CFD ditiadakan saat jelang perayaan Tahun Baru 2023 dan saat awal Tahun Baru.

BERITA TERKAIT